• Selasa, 21 September 2021

Google Didenda Sebesar 177 Juta Dollar oleh Korea Selatan untuk Pelanggaran Antitrust dan Dominasi Pasar

- Selasa, 14 September 2021 | 18:32 WIB
Google Didenda Sebesar 177 Juta Dollar oleh Korea Selatan untuk Pelanggaran Antitrust dan menyalahgunakan dominasi pasar (Pixabay/PhotoMIX-Company)
Google Didenda Sebesar 177 Juta Dollar oleh Korea Selatan untuk Pelanggaran Antitrust dan menyalahgunakan dominasi pasar (Pixabay/PhotoMIX-Company)

Klikanggaran.com-- Perusahaan induk Google akan menerima denda sekitar $ 177 juta oleh regulator antitrust Korea Selatan.

Regulator antitrust Korea Selatan menuduh Google telah menyalahgunakan posisi dominannya di pasar dan menghambat persaingan industri.

Denda sebesar $ 176,64 juta (207 miliar won) kepada Google itu dikenakan oleh South Korea’s Fair Trade Commission (KFTC) Korea Selatan pada hari Selasa.

Mereka telah melakukan penyelidikan terhadap Google pada tahun 2016 atas kecurigaan bahwa Google telah mencegah afiliasi lokal menggunakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan saingan, demikian dilansir RT.com.

Baca Juga: Setiap Individu harus Mempunyai Kemampuan Literasi untuk Selesaikan Masalah

Regulator Korea Selatan mengatakan Google telah menghalangi persaingan bebas dan mengeksploitasi dominasi pasarnya melalui "perjanjian anti-fragmentasi" (AFA) dengan perusahaan yang menandatangani kontrak besar dengan Google.

AFA melarang perusahaan-perusahaan itu menggunakan atau membuat versi modifikasi dari sistem operasi Android Google, yang dikenal sebagai "forks," yang membantu Google mempertahankan kendalinya atas pasar seluler yang luas, menurut agensi tersebut.

Selain hukuman moneter, Google diperintahkan untuk berhenti memaksakan AFA pada mitranya, dan tidak lagi menggunakan AFA untuk mencegah perusahaan lain menggunakan fork Android.

Baca Juga: Seleksi CPNS, Penyandang Disabilitas dan Wanita Hamil di Banyumas Ditempatkan di Ruang Khusus

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X