• Minggu, 5 Desember 2021

Madu Sialang dari Ogan Komering Ulu (OKU) Miliki Banyak Khasiat. Petani Madu Kewalan Terima Pesanan

- Minggu, 5 September 2021 | 19:24 WIB
Pemburu madu sedang mengambil madu Sialang di pohon (Iwan Fasha)
Pemburu madu sedang mengambil madu Sialang di pohon (Iwan Fasha)

KLIKANGGARAN.Com.- Madu Sialang dikenal sebagai salah satu produk andalan masyarakat Desa Batang Hari, Kecamatan semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Madu yang dihasilkan dari lebah jenis apis dorsata (labah madu)  ini diyakini memiliki banyak khasiat, baik sebagai suplemen ataupun obat.

Madu Sialang memiliki kekhasan pada rasanya yang sedikit pahit dengan warna coklat kehitam-hitaman. Madu Sialang asal Kabupaten Ogan Komering Ulu ini selalu menjadi incaran bagi penikmat madu di Kota Palembang dan Baturaja.

Sebagai primadona, si manis alami ini tergolong langka.  Untuk mengambilnya masyarakat yang akan memanen madu harus menerobos hutan. Usaha ini masih ditambah dengan memanjat pohon Sialang.

Selain itu memanen madu tidak bisa asal panen karena para pemburu harus membuat asap dan mengenakan alat pelindung diri agar terhindar dari sengatan lebah. Praktik ini merupakan warisan turun menurun warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Disebut Madu sialang karena Madu ini kerap berada di pohon Sialang atau menggeris (koompassia Excelsa) merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam suku Johar-joharan.

Pohon yang hidup di hutan hujan ini umumnya tumbuh di daerah rendah tetapi juga ditemukan di dataran sedang. Tinggi pohon Sialang rata-rata mencapai 60-80 meter. Pohon Sialang sebagian ditemukan di sejumlah hutan, kebun warga dan umumnya berada di tepi sungai.

Baca Juga: Tarik Investasi, Pemkab Tegal Percepat Revisi Rencana Tata Ruang. Kemudahan Berinvestasi Dijamin

Salah satu petani madu yang sudah lima belas tahun menekuni pekerjaan sebagai pemanjat untuk mendapatkan madu Sialang adalah Pawi.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Ikut Nimbrung Soal Toilet di SPBU Pertamina

Selasa, 23 November 2021 | 14:33 WIB

Lima Pesawat N-219 PT DI Dibeli Sejumlah Kader NU

Jumat, 12 November 2021 | 13:53 WIB
X