• Minggu, 5 Desember 2021

Di Tegal, Seorang Polisi Sulap Lahan Bengkok Menjadi Agro Wisata Unggulan. Hasilnya Bantu Kas Desa Rp 45 juta

- Minggu, 5 September 2021 | 18:37 WIB
Aiptu Mulyanto sedang memanen Jambu Kristal di kebun milik desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang dikelola bersama warga desa setempat. (K.Wijayanto)
Aiptu Mulyanto sedang memanen Jambu Kristal di kebun milik desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang dikelola bersama warga desa setempat. (K.Wijayanto)


KLIKANGGARAN. Com - Seorang anggota Polres Tegal, Aiptu Mulyanto, warga Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, sukses memanfaatkan lahan bengkok tiga hektar milik pemerintah desa setempat menjadi Agro Wisata Unggulan. 

Hasil dari Agro Wisata tersebut bisa memberikan masukan bagi kas desa sampai Rp 45 juta setiap tahun.

Lahan bengkok adalah tanah milik desa yang dipinjamkan kepada pamong desa untuk digarap dan dipetik hasilnya sebagai pengganti gaji.

Saat ini, di lahan seluas 3 hektar tersebut ditanami Jambu Kristal, salah satu varian jambu tanpa biji dengan rasa manis.

Usaha agro bisnis ini dikelola Aiptu Mulyanto bersama warga dalam naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Wringin Sejahtera.

Dari usaha pertanian yang dikelola sejak tahun 2019 itu, kini per harinya mampu menghasilkan 1 kuintal Jambu Kristal. Saat ini, dari usaha pertanian yang dikelola Aiptu Mulyanto bersama warga, setidaknya berhasil mengangkat perekonomian warga dan menyumbang ke kas desa.

"Alhamdulillah, dari hasil panen pada tahun pertama kami sudah bisa membantu kas desa sebanyak 45 juta," kata Mulyanto, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga: Pengen Kopi Gula Aren yang Bikin Ketagihan? Boleh Coba Resep Sederhana Ini

Ide mengelola lahan bengkok milik desa, berawal dari keinginan Mulyanto untuk meningkatkan perekonomian warga. Ide itu sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, agar desa mampu memanfaatkan dan mengelola sumber daya yang ada untuk kemajuan ekonomi desa itu sendiri.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Ikut Nimbrung Soal Toilet di SPBU Pertamina

Selasa, 23 November 2021 | 14:33 WIB

Lima Pesawat N-219 PT DI Dibeli Sejumlah Kader NU

Jumat, 12 November 2021 | 13:53 WIB
X