• Rabu, 19 Januari 2022

Inikah Alasan Harga Telur Naik dan Potensi Kerugian Negara Rp 971 Juta?

- Selasa, 19 Desember 2017 | 09:12 WIB
images_berita_Nov17_Telur
images_berita_Nov17_Telur

Jakarta, Klikanggaran.com (19/12/2017) - Kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, kenaikan harga telur menjelang Natal dan tahun baru disebabkan ada beberapa ayam peternak yang sakit. Hal ini berakibat berkurangnya intensitas bertelur ayam petelur yang berdampak pada pengurangan produksi telur.

Dan, kenaikan harga telur ayam dengan alasan bahwa ayam peternak sakit ini, dinilai publik adalah alasan yang mengada-ada sekali. Publik pun bertanya, apakah ini artinya Menteri perdagangan tidak mau disalahkan atas kenaikan harga telur ayam ini?

“Lebih enak menyalahkan ayam peternak yang pada sakit, ya,” kata salah satu publik.

Bicara soal alasan Menteri Perdagangan atas naiknya harga telur ayam, mengingatkan kita pada persoalan lelang. Dalam hal ini publik juga menilai, bahwa ternyata Kementerian Perdagangan dalam memilih perusahaan pemenang lelang, biasanya memilih perusahaan yang mengajukan harga yang paling mahal.

“Mungkin biar dinilai penyerapan tidak rendah, dan sekalian negara cepat habis duitnya,” cetus publik.

Misalnya saja, seperti yang terlihat dalam dokumen yang diperoleh Klikanggaran.com, lelang pengadaan "tenda" di Sekretariat Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, dengan realisasi anggaran sebesar Rp7.834.750.000. Lelang ini dimenangkan oleh CV. Cipta Prakarsa yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat No.36.RT.33, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Ternyata, CV. Cipta Prakarsa yang memenangkan lelang “Pengadaan Tenda” dengan nilai sebesar Rp7.834.750.000 ini dinilai terlalu tinggi dan mahal. Hal ini menyebabkan potensi kerugian negara sebesar Rp 971 juta.

Maka, publik meminta pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membuka penyelidikan lelang pengadaan tenda di Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Menteri Enggartiasto Lukito ini.

“Jangan lupa, panggil saja Sekretaris Ditjen Perdagangan Dalam Negeri untuk diminta keterangannya,” pesan terlampir dalam dokumen.

Halaman:

Editor: Heryanto

Tags

Terkini

Proyek Kemenhub di BTP Jabar Kurang Volume Rp273 Juta

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:38 WIB

Ketua Bawaslu Muratara Diperiksa Terkait Dana Hibah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:26 WIB
X