• Senin, 23 Mei 2022

Hebohnya Mandalika dan Pemkab Karawang

- Selasa, 24 Oktober 2017 | 06:21 WIB

Jakarta, Klikanggaran.com (24/10/2017) – Baru-baru ini muncul perselisihan terkait keindahan alam di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan menjadi perdebatan yang panas di jagat media sosial.

Perselisihan tersebut terkait adanya klaim sana sini, dengan pokok persoalan, siapa yang terlebih dahulu melakukan peresmian di pulau tersebut? Apakah mantan Presiden ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), atau Presiden ke 7, Joko Widodo?

Satu hal lain yang menjadikan heboh adalah terkait pulau tersebut dikatakan sudah 29 tahun tidak terselesaikan, alias mangkrak, oleh pemerintahan sekarang. Sontak hal itu menggelitik kepemimpinan sebelumnya.

Tapi, yang lebih menggelitik lagi adalah persoalan pengelolaan keuangan di pemerintahan daerah, khususnya di Pemerintahan Kabupaten Karawang, yang diduga kinerjanya buruk.

Faktanya, dari laporan yang diperoleh Klikanggaran.com diketahui bahwa pada tahun 2015 salah satu mitra kerja sama Pemkab Karawang dan Bangun Guna Serah (BGS), sampai saat ini belum membayar kontribusi sebesar Rp1.600.000.000.

Sehingga, pendapatan dari kemitraan sebesar Rp1.600.000.000 belum dapat direalisasikan. Hal ini dinilai publik memperlihatkan, betapa buruknya pengawasan dan pengendalian di Pemkab Karawang itu sendiri.

Harapan publik, semoga saja bukan kerja sama dalam bentuk kongkalikong, sehingga Pemkab Karawang dapat melakukan penagihan kepada mitra kerja sama. Agar segera membayar kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Karawang.

 

Editor: Heryanto

Tags

Terkini

X