• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ini Alasan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Disebut Harus Mundur Jika Nyapres 2024 Trending di Twitter

- Jumat, 23 September 2022 | 13:57 WIB
Jenderal TNI Andika Perkasa
Jenderal TNI Andika Perkasa

KLIKANGGARAN -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sedang ramai diperbincangkan publik dan trending di TWitter.

Pasalnya, Jenderal Andika Perkasa menjadi salah satu nama yang diusung Partai Nasdem sebagai bakal calon presiden dalam Pilpres 2024.

Dipilihnya Jenderal Andika oleh Nasdem tersebut belakangan disoroti oleh pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin.

Baca Juga: Peringatan Hari Maritim Nasional (HMN) 2022, Inilah Ajakan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dalam HMN ke 58!!

"Ketika mereka masih aktif jangan sampai ditarik ke wilayah politik agar kita bisa menjaga demokrasi secara sehat, bermartabat, dan semakin hari semakin kuat. Ini harus menjadi catatan penting kita bersama dan disepakati. Mereka boleh berpolitik jika sudah pensiun atau mengundurkan diri," kata Ujang dikutip dari Liputan6.com pada Jumat, 23 September 2022.

Untuk diketahui aturan tersebut juga tertuang dengan tegas dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Menurut UU tersebut, tentara profesional adalah tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik negara.

Baca Juga: Kronologi Kasus Korupsi yang Menjerat Hasnaeni, Simak Alasannya Kenapa Disebut sebagai Wanita Emas

Pasal 39 berbunyi, "Prajurit dilarang terlibat dalam: 1. kegiatan menjadi anggota partai politik; 2. kegiatan politik praktis; 3. kegiatan bisnis; dan 4. kegiatan untuk dipilih menjadi anggota legislatif dalam pemilihan umum dan jabatan politis lainnya."

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X