• Jumat, 30 September 2022

Peringatan Hari Maritim Nasional (HMN) 2022, Inilah Ajakan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dalam HMN ke 58!!

- Jumat, 23 September 2022 | 13:48 WIB
Menko Marves Luhut B.Pandjaitan (InfoPublik.id)
Menko Marves Luhut B.Pandjaitan (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN – 23 September adalah Hari Maritim Nasional atau HMN, dan tahun 2022 ini adalah HMN yang ke 58. Tahun ini, peringatan HMN ke 58 bertema “Maritim Tangguh untuk Pembangunan Berkelanjutan” dengan slogan Maritim Tangguh, Indonesia Kuat.

Melalui peringatan HMN ke 58 23 September 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia sebagai pusat peradaban maritim dunia.

Luhut B.Pandjaitan menjelaskan, peringatan HMN, diharapkan tidak hanya menjadi rangkaian kegiatan seremonial dan prosedural semata, namun juga dapat menjadi tonggak penting dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional di bidang kemaritiman, sehingga dapat semakin mempertegas identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai pusat peradaban maritim dunia.

Baca Juga: Kronologi Kasus Korupsi yang Menjerat Hasnaeni, Simak Alasannya Kenapa Disebut sebagai Wanita Emas

Dalam mewujudkan visi Indonesia emas pada 20145, tambah Luhut, pembangunan nasional harus diarahkan pada pembangunan kemaritiman, yaitu kegiatan pembangunan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengendaliannya mempertimbangkan jati diri Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar.

“Semua harus memberi perhatian besar untuk pembangunan kemaritiman. Kita mulai dengan menyamakan pemahaman kita pada bidang kemaritiman. Meningkatkan literasi bangsa di bidang kemaritiman menjadi langkah awal. Akan tetapi tidak boleh terlalu lama dan berhenti di situ. Kita harus lanjutkan dengan aksi nyata meraih kembali kejayaan bahari. Justru di laut kita jaya,” tegas Menko Luhut dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Kronologi Pasangan Robby Shine dan Natasya Shine Laporkan Billy Syahputra atas Dugaan Penghinaan

Menko Marves juga menegaskan bahwa kegiatan kemaritiman bukan hanya aktifitas yang terkait dengan laut saja. Kajian tentang ekonomi maritim yang dilaksanakan telah menghasilkan pemahaman tentang ekonomi maritim sebagai kegiatan ekonomi yang terjadi di kawasan perairan dan kegiatan di tempat lain yang memanfaatkan sumberdaya alam yang berasal dari kawasan perairan, serta kegiatan di tempat lain yang menghasilkan barang dan jasa untuk dimanfaatkan pada kawasan perairan.

Oleh karena itu, industri yang berlokasi di darat yang mengolah sumber daya alam dari perairan juga termasuk kegiatan ekonomi maritim. Begitu pula industri yang menghasilkan peralatan untuk eksplorasi, eksploitasi, dan konservasi kawasan perairan.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X