• Selasa, 7 Februari 2023

Sebut Jasa Ahli Teknologi Laboratorium Medik Besar, Suaib: Akan Selalu Dihargai

- Minggu, 4 Desember 2022 | 13:13 WIB
Sebut Jasa Ahli Teknologi Laboratorium Medik Besar, Suaib: Akan Selalu Dihargai (Dok. Prokopim)
Sebut Jasa Ahli Teknologi Laboratorium Medik Besar, Suaib: Akan Selalu Dihargai (Dok. Prokopim)

KLIKANGGARAN -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, membuka Musyawarah Cabang (Muscab) II yang diselenggarakan DPC Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Luwu Utara, Sabtu (3/12/2022), di Aula La Galigo, Kantor Bupati.

Muscab II PATELKI ini juga dirangkaikan dengan Seminar Ilmiah bertemakan “Profesionalisme Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) Demi Peningkatan Pelayanan Kesehatan yang Bermutu”. Seminar ini diikuti 64 orang anggota PATELKI Kabupaten Luwu Utara.

Dalam sambutannya, Wabup Suaib Mansur menyampaikan bahwa keberadaan laboratorium pada unit-unit layanan kesehatan dapat diibaratkan sebagai jantungnya, dikarenakan akurasi dan profesionalisme dalam menentukan jenis penyakit.

Baca Juga: UPDATE Erupsi Gunungapi Semeru, Abu Vulkanik Mengarah ke Rowo Baung, BPBD Lumajang Bagikan Masker Gratis

“Laboratorium itu hanya akan menjadi bangunan kosong kalau tidak dihuni oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medik untuk menjalankannya. Jadi, tentu ini adalah profesi yang sangat penting,” kata Wakil Bupati Suaib Mansur.

Mantan Kepala Dinas PUPR Luwu Utara ini menyebutkan bahwa hal utama dari seorang ATLM adalah profesionalitasnya. Mengingat profesionalitas itu tidak berdiri sendiri.

“Bukan hanya mampu men-justifikasi keahlian, namun sebenarnya di dalamnya juga ada integritas, tata laksana yang sesuai prosedur, kemudian di dalamnya ada indikator-indikator yang mungkin mengarah pada tuntutan kita untuk lebih profesional,” jelas dia.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Erupsi, Masyarakat Diimbau Tidak Beraktivitas pada Jarak 500 M

Suab melihat betapa pentingnya sebuah organisasi yang menghimpun anggota-anggota dengan profesi sama. “Tak kalah pentingnya adalah kita ini merupakan organisasi yang mampu mengisi pembangunan daerah dalam arti luas sesuai dengan profesi kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Suaib Mansur juga menyemangati para ATLM agar tidak merasa rendah diri apabila banyak orang tak mengetahui organisasi PATELKI.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X