• Selasa, 7 Februari 2023

PAC GP Ansor Kalideres: Pemuda Harus Punya Mental Kaya Dalam Memulai Bisnis

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 20:53 WIB
Diskusi Hari Santri yang digelar PAC GP Ansor Kalideres Jakarta Barat pada Sabtu 29 Oktober 2022 di Musholla Al Hidayah Tegal Alur (Klikanggaran/istimewa)
Diskusi Hari Santri yang digelar PAC GP Ansor Kalideres Jakarta Barat pada Sabtu 29 Oktober 2022 di Musholla Al Hidayah Tegal Alur (Klikanggaran/istimewa)

KLIKANGGARAN -- Bagi sebagian masyarakat, terutama pemuada, memulai wirausaha atau bisnis selalu terkendala permodalan, namun bagi Founder Tim Edukasi Alumni UI Alfanny, bukan permodalan yang menjadi kendala terbesar dalam memulai bisnis, tetapi masalah mental.

"Pengusaha itu harus punya mental kaya yang salah satu prinsipnya: Kalau Bisa Bayar Kenapa Harus Gratis, bukan sebaliknya," tandas Alfanny pada Diskusi Hari Santri yang digelar PAC GP Ansor Kalideres Jakarta Barat pada Sabtu 29 Oktober 2022 di Musholla Al Hidayah Tegal Alur.

"Bila seorang pemuda sudah mempunyai mental kaya, maka itu merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai bisnis," sambungnya.

Sementara itu Tokoh Betawi Tahyudin Adityas yang juga hadir dalam diskusi tersebut mengungkapkan banyaknya peluang bisnis di bidang seni-budaya Betawi.

"Peluang-peluang tersebut harus dioptimalisasi secara kreatif antara lain dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki Ansor," urai Tahyudin.

Tahyudin pada kesempatan tersebut juga memberikan papan nama sekretariat kepada 5 ranting GP Ansor yang ada di Kecamatan Kalideres.

Sementara itu 2 pembicara lainnya Arya Nur Fauzi dan Sultoni lebih menyoroti aspek teknis dari peluang bisnis digital dimana saat ini berwirausaha justru semakin dipermudah dengan digitalisasi.

Diskusi tersebut juga dihadiri sejumlah kyai dan ustadz dari MWC NU Kalideres, Bendahara PCNU Jakarta Barat Hizbullah Huda, para kader Ansor-Banser, anggota IPNU-IPPNU dan warga di sekitar Musholla Al Hidayah.***

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi dan Nasdem Memanas, Isu Reshuffle Kabinet Mencuat

Selasa, 27 Desember 2022 | 20:25 WIB
X