Ferdy Sambo Bukan Polisi Lagi! Jokowi Teken Keppres Pemecatan

- Jumat, 30 September 2022 | 15:11 WIB
Ferdy Sambo (Klikanggaran/Dodi_Budiana)
Ferdy Sambo (Klikanggaran/Dodi_Budiana)

KLIKANGGARAN -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi diketahui telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) yang berisi pemecatan Irjen Ferdy Sambo dari Polri, Keppres itu pun sudah diserahkan kepada Polri untuk ditindaklanjuti.

Penandatanganan Keppres pemecatan Ferdy Sambo turut dibenarkan oleh Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres), Laksamana Muda TNI Hersansaat.

"Keppresnya [pemecatan Ferdy Sambo] sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke ASDM Polri," kata Laksamana Muda TNI Hersansaat, dilansir CNNIndonesia, Jumat (30/9).

Seperti diketahui, sebelumnya, usai menjalani sidang kode etik, Komisi Kode Etik Polri menjatuhkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan terhadap Irjen Ferdy Sambo karena melakukan pelanggaran berat Kode Etik Profesi Polri, yakni tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir J.

Adapun pemecatan Irjen Ferdy Sambo ini akan dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres). Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pasal 15 huruf a PP Nomor 1 Tahun 2003 menjelaskan memberhentikan anggota Polri dilakukan oleh Presiden RI untuk pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) atau yang lebih tinggi.

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X