• Minggu, 14 Agustus 2022

Rusia Memperpanjang Daftar Negara yang Bermusuhan dengan Memasukkan lima Negara Lagi, Mana Sajakah?

- Jumat, 22 Juli 2022 | 20:49 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin (IG/leadervladimirputin)
Presiden Rusia, Vladimir Putin (IG/leadervladimirputin)

KLIKANGGARAN --- Daftar negara yang bermusuhan dengan Rusia kian panjang setelah pada Jumat, 22 Juli 2022, Rusia memasukkan lima negara, yaitu Yunani, Denmark, Slovenia, Kroasia dan Slovakia.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Rusia mengatakan bahwa, “Pemerintah telah memperbarui daftar negara asing yang terlibat dalam tindakan tidak bersahabat terhadap misi diplomatik dan konsuler Rusia di luar negeri.”

Keputusan Rusia tersebut memberlakukan pembatasan (hingga larangan total) pada negara-negara yang mempekerjakan personel untuk kedutaan, konsulat, dan kantor perwakilan lembaga pemerintah di negara Beruang Merah tersebut.

Dilansir dari Russia Today, Yunani memiliki batas sebanyak 34 orang, Denmark sebanyak 20 orang, dan Slovakia sebanyak 16 orang.

Baca Juga: Pasukan Keamanan Sri Langka Menggerebek Camp yang Dijadikan Markas Para Pengunjuk Rasa

“Slovenia dan Kroasia tidak dapat mempekerjakan karyawan untuk misi diplomatik dan lembaga konsuler mereka,” kata pemerintah.

Pembatasan serupa diberlakukan pada misi AS dan Ceko pada Mei 2021.

Pihak berwenang Rusia juga mengisyaratkan bahwa daftar itu terbuka dan dapat mencakup negara-negara baru, mengingat “tindakan bermusuhan yang sedang berlangsung oleh negara-negara asing terhadap kantor perwakilan Rusia di luar negeri.”

"Tentu saja, berakhir di daftar negara-negara yang bermusuhan mengarah ke tingkat kontak yang lebih rendah ... Sederhananya, langkah itu didasarkan pada kebijakan tidak bersahabat yang ditempuh oleh negara-negara ini," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Jumat.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Rusia Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X