• Minggu, 14 Agustus 2022

Dalam FGD PP Hisminu, K.H. Said Aqil Siradj: Pancasila Harus Menjadi Basis Pendidikan di Indonesia

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 15:37 WIB
FGD Hisminu (dok. Klikanggaran)
FGD Hisminu (dok. Klikanggaran)

KLIKANGGARAN -- Pancasila harus menjadi basis pendidikan sebab Pancasiala memiliki pesan teologis, kemanusiaan, peradaban, dan keadilan. Pernyataan tersebut disampaikan K.H. Said Aqil Siradj, selaku Pembina Himpunan Sekolah dan Madrasah Islam Nusantara (Hisminu) dan Islam Nusantara Foundation (INF).

Pernyataan K.H. Said Aqil Siradj tersebut disampaikan saat memberikan pengantar dan pengarahan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Hisminu, pada Jumat, 1 Juli 2022.

K.H. Said Aqil Siradj juga menyampaikan bahwa seluruh proses pendidikan harus berbasis pada pesan teologis dan kemanusiaan. Ia pun membedakan antara etika dan akhlak.

Baca Juga: DW dan VoA Diblokir di Turki sebab Menolak Mendapatkan Lisensi dan Patuhi UU Turki

"Dalam beretika, misalnya, seseorang yang kedatangan tamu akan berbasa-basi mengatakan bahwa ia senang kedatangan tamu itu, padahal dalam hatinya menyatakan sebaliknya," kata Kyai Said. Sementara akhlak, kata Kyai, setiap pernyataannya berdasarkan pada hatinya.

Peserta FGD yang diselenggarakan PP Hisminu (dok. klikanggaran)

Selain itu, Kyai Said berpesan agar dalam pendidikan menghindari sistem indoktrinasi sebagaimana yang diterapkan pada zaman Orde Baru. Pengajaran atau pendidikan perlu mengedepankan dengan cara hikmah dan bijak sebagaimana dipesankan dalam Al-Qur'an.

Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh PP Hisminu tersebut bertemakan "Quo Vadis Pendidikan Kita".

Baca Juga: Hadiri Penutupan MTQ XXXII di Bone, Suaib Mansur Apresiasi Kafilah Luwu Utara

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X