• Selasa, 28 Juni 2022

Wow, Tiap Menit Dunia Membelanjakan 156.841 Dollar untuk Senjata Nuklir!

- Kamis, 16 Juni 2022 | 16:20 WIB
Ilustrasi: senjata nuklir (Scanrail - stock.adobe.com)
Ilustrasi: senjata nuklir (Scanrail - stock.adobe.com)

KLIKANGGARAN -- Belanja senjata nuklir global mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2021, lansir Russia Today dengan mengutip laporan terbaru Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir (ICAN) yang diterbitkan pada hari Selasa.

Hanya dalam satu tahun, sembilan negara bersenjata nuklir, yaitu AS, Cina, Rusia, Prancis, India, Israel, Korea Utara, Pakistan, dan Inggris, menghabiskan total $ 82,4 miliar untuk meningkatkan dan memelihara sebanyak 13.000 senjata nuklir mereka, menandai kenaikan 9% dari tahun sebelumnya, menurut perkiraan ICAN.

Laporan tersebut, yang merupakan ringkasan tahunan ketiga ICAN tentang pengeluaran nuklir global dan berjudul 'Squandered: 2021 Global Nuclear Weapons Spending,' menyoroti bahwa secara total, dunia menghabiskan gabungan $ 156.842 setiap menit pada tahun 2021 untuk senjata nuklir, di tengah pandemi yang sedang berlangsung dan meningkatnya kerawanan pangan global.

Baca Juga: Inilah 10 Film tentang Toleransi Rekomendasi Habib Ja'far dan Pendeta Yerry yang Wajib Ditonton, Apa Saja?

ICAN merinci dengan tepat berapa banyak yang dihabiskan masing-masing dari sembilan negara untuk senjata atom, daftar perusahaan yang diuntungkan, dan pelobi yang disewa untuk mempertahankan bisnis senjata nuklir.

Amerika Serikat ternyata menjadi pembelanja terbesar untuk persenjataan nuklir pada tahun 2021, setelah menghabiskan $ 44,2 miliar - empat kali lebih banyak daripada yang berikutnya.

Cina adalah satu-satunya negara lain yang melampaui angka sepuluh miliar dolar, dengan pengeluaran $ 11,7 miliar, sementara Rusia memegang tempat ketiga dengan $ 8,6 miliar.

Inggris menghabiskan $ 6,8 miliar, Prancis, $ 5,9 miliar, dan negara-negara seperti India, Israel, dan Pakistan masing-masing menghabiskan sedikit lebih dari satu miliar untuk persenjataan mereka pada tahun 2021. Di tempat terakhir adalah Korea Utara, yang menghabiskan $ 642 juta.

Baca Juga: Video Lama Bermain di Piala Asia 2007 Trending di Twitter, Siapa Budi Sudarsono Sebenarnya? Berikut Profilnya

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X