• Rabu, 29 Juni 2022

Ikuti Kiprah Mantan Gubernur Sumsel, Asnawi Mangku Alam Yang Pernah Jadi Guru SD YPIP Peris Pendopo

- Rabu, 30 Maret 2022 | 08:49 WIB
Foto saat kunjungan Gubernur Sumsel, Asmawi Mangku Alam ke Sekolah Peris  ((dok.Budi S))
Foto saat kunjungan Gubernur Sumsel, Asmawi Mangku Alam ke Sekolah Peris ((dok.Budi S))

KLIKANGGARAN-- Sekolah Yayasan Perguruan Islam Pendopo (YPIP) Peris Pendopo adalah sejarah dunia pendidikan di Kabupaten PALI.

Sekolah YPIP Peris Pendopo adalah sekolah tertua yang ada di Kota Pendopo, PALI. Tak heran, jika banyak tokoh-tokoh sukses yang kini berkarir baik di dunia pemerintahan dan dunia politik pernah mengenyam pendidikan di Sekolah yang dahulunya familiar disebut sekolah Peris itu.

Mengutip dari buku "RIWAYAT PERIS" cikal bakal dari berdirinya sekolah YPIP Peris Pendopo tidak terlepas dari kesadaran akan pentingnya membangun sebuah gedung sekolah beserta rumah gurunya pada tahun 1933 di daerah Pendopo.

Dalam buku riwayat Peris Pendopo itu disebutkan juga jika banyak tantangan dari pihak pemerintah Belanda untuk mendirikan sekolah pada waktu itu. Pemerintah Belanda berpendapat, sekolah-sekolah untuk anak-anak Indonesia cukup sekolah angka dua saja atau sekolah-sekolah desa.

 

Potret siswa peris tempo dulu ((Dok. Budi S))

Baca Juga: Tahun Ini, Pemkab PALI Bangun Perkantoran Bupati, Segini Anggaran dan Sumber Dana Disiapkan

Pergoeroean Islam mencita-citakan akan membuat sekolah yang setingkat dengan HIS atau sekolah-sekolah yang berbahasa Belanda. Ketika Pergoeroean Islam hendak memberi nama HIS (Holland Inlandssche School), pemerintah Belanda menyatakan ketidak setujuannya.

Belanda memberi ultimatum, jika nama HIS dipakai, maka sekolah tersebut tidak akan diberikan izin untuk berdiri.

Maka akhirnya, sekolah yang baru muncul tersebut diberi nama, NIS (Netherlands Islametische School). Dan pada tahun 1934 bangunan sekolah selesai.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X