• Sabtu, 25 Juni 2022

Apa Makna Tanah dan Air yang Dibawa para Gubernur ke IKN Nusantara, Inilah Penjelasan Menko Polhukam

- Minggu, 13 Maret 2022 | 21:13 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD melakukan ramah tamah dengan Forkompida dan Akademisi Bengkuli, Sabtu (12/3/2022) (polkam.go.id)
Menko Polhukam Mahfud MD melakukan ramah tamah dengan Forkompida dan Akademisi Bengkuli, Sabtu (12/3/2022) (polkam.go.id)

KLIKANGGARAN – Presiden Joko Widodo mengundang para gubernur untuk datang ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membawa dua kilogram tanah dan satu liter air dari masing-masing daerah.

Tanah dan air yang dibawa para gubernur tersebut akan digunakan dalam ritual adat dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara, wadah besar yang terbuat dari tembaga pada Senin (14/3/2022).

Acara ritual adat tersebut merupakan salah satu kegiatang yang diikuti oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Titik Nol IKN Nusantara, Senin (14/3/2022).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, simbol tanah dan air yang dibawa para gubernur ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melambangkan kebersatuan.

Baca Juga: Pengaturan Jarak Penumpang di MRT Besok Dicabut, Seluruh Tempat Duduk MRT Bisa Ditempati Penumpang

“Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” kata Mahfud saat memberikan sambutan pada acara Ramah Taman Gubernur dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, di Balai Semarak, sekaligus menjadi saksi penyerahan tanah dan air oleh Ketua Badan Masyarakat Adat Bengkulu kepada Gubernur Bengkulu, Sabtu (12/3/2022).

Tanah dan air tersebutlah yang kemudian dibawa Gubernur Bengkulu ke IKN Nusantara untuk menjadi bagian dari acara ritual adat.

Selanjutnya Menko Mahfud mengajak masyarakat untuk menjaga tanah air Indonesia karena terdapat keberagaman di dalamnya.

Baca Juga: Kritik Al-Qur'an terhadap Kristen dan Yahudi: Jawaban dan Bantahan untuk Sdr. Muhammad Nuruddin

Menurut Mahfud, dua kilogram tanah dan satu liter air yang dibawa oleh masing-masing gubernur untuk dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara sudah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: polkam.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X