• Kamis, 30 Juni 2022

Cegah Pemalsuan Dokumen, Diskominfo Luwu Utara Mulai Menyosialisasikan Tanda Tangan Elektronik

- Minggu, 27 Februari 2022 | 10:14 WIB
Diskominfo Luwu Utara Mulai Menyosialisasikan Tanda Tangan Elektronik  (Diskominfo Luwu Utara)
Diskominfo Luwu Utara Mulai Menyosialisasikan Tanda Tangan Elektronik (Diskominfo Luwu Utara)

KLIKANGGARAN- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara mulai menyosialisasikan tanda tangan digital atau Tanda Tangan Elektronik (TTE) kepada sejumlah pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

TTE adalah sebuah tanda tangan yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi dalam transaksi elektronik. TTE ini juga sekaligus menjamin bahwa si pengirim adalah benar-benar orang yang bertanggung jawab atas dokumen yang ia tandatangani sendiri.

Pada prinsipnya, penerapan TTE di lingkup pemerintahan adalah sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pemalsuan dokumen. Kepala Dinas Kominfo-SP, melalui Kabid Persandian, mengatakan bahwa penerapan TTE adalah upaya pengamanan dokumen yang andal.

“Ini untuk melindungi informasi dari risiko pencurian, modifikasi, pemalsuan dan penyangkalan terhadap data pada pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” kata Kabid Persandian, Purnama Indriawaty, saat mengambil spesimen tanda tangan sejumlah pejabat.

Baca Juga: Azan Semakin Banyak Diperbincangkan Publik, Inilah Sejarah Azan yang Harus Kamu Ketahui!

Purnama mengatakan, tujuan pengambilan spesimen tanda tangan adalah untuk diajukan sebagai Pengguna TTE. “Ini kita lakukan juga sebagai kelengkapan Surat Rekomendasi Permohonan Penerbitan Sertifikat Elektronik,” terang wanita yang akrab disapa Cheche ini.

Dalam pengambilan tanda tangan, Cheche didampingi Fungsional Sandiman Ahli Muda yang juga selaku Verifikator Sertifikat Elektronik, Alisman Sila. Beberapa pejabat yang diambil tanda tangannya adalah Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan Kepala Dinas Kominfo-SP.

“Hari ini, Kamis 24 Februari, kita mengambil tanda tangan, sekaligus melengkapi dokumen Surat Rekomendasi Permohonan Penerbitan Sertifikat Elektronik untuk beberapa pejabat. Insya Allah, menyusul Bupati dan beberapa Kepala Perangkat Daerah lainnya,” jelas Alisman.

Baca Juga: Masih Soal Pengaturan Pengeras Suara di Masjid, Takmir Masjid dan Musala akan Diberi Pelatihan Akustik

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X