• Selasa, 29 November 2022

Ketum IWO Jodhi Yudono Sebut Sedih yang Menguasai YouTube Para Artis Bukan Wartawan

- Senin, 14 Februari 2022 | 21:48 WIB
Ketum IWO Jodhi Yodono (Anuza)
Ketum IWO Jodhi Yodono (Anuza)

KLIKANGGARAN -- Ketua Umum Ikatan Wartawan Online (Ketum IWO), Jodhi Yudono, mengatakan bahwa dirinya sedih ketika yang menguasai YouTube itu para artis, para selebriti, bukan wartawan.

Padahal, menurut Ketum IWO, semestinya wartawan menguasai dunia media, dunia informasi, tetapi hari ini wartawan justru menjadi follower mereka.

Pernyataan Ketum IWO itu disampaikan pada saat acara pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Batang Hari, Senin (14/02/2022) di lokasi Wisata Teras Tembesu Kota Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi.

Jodhi mengingatkan agar wartawan yang tergabung di IWO harus berpikir jauh kedepan, apa gerangan media yang akan datang.

Baca Juga: Diterapkan Sejak 2018, Inovasi Kedai Bumil, Hemat Anggaran Kesehatan Ratusan Juta Rupiah, Kok Bisa ya?

"Semula saya berpikir Metaverse yang menjadi acuan kita tetapi ternyata HAM dari Meta anjlok dan merubah kepercayaan saya terhadap Metaverse," ungkap Jodhi.

Dikatakan Jodhi, jangan-jangan manusia zaman sekarang belum siap menerima dunia Metaverse. Dunia maya dan dunia real bersatu dalam Metaverse, sayangnya wartawan belum siap. Padahal, wartawan harus yakin bahwa dunia Metaverse akan datang.

"Jangan kita ketinggalan lagi menjadi follower, kita harus menjadi pemandu bagi masyarakat, ke mana masyarakat akan kita bawa," kata Jodhi.

Jodhi menyampaikan bahwa merasa gagah sekali dulu ketika mulai kariernya sebagai wartawan pada tahun sembilan puluhan. Saat itu, sebagai wartwan, dirinya sangat dihormati di tengah masyarakat, apalagi ia bekerja di Kompas Group.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X