• Kamis, 11 Agustus 2022

Apakah Hanya yang Beragama Islam Masuk Surga? Berikut Jawaban Gus Baha

- Senin, 7 Februari 2022 | 19:00 WIB
Gus Baha (kanal YouTube NU Online)
Gus Baha (kanal YouTube NU Online)

KLIKANGGARAN -- Tentu wajar jika ada yang bertanya, apakah hanya orang yang beragama Islam yang bisa masuk surga?

Pertanyaan tentang 'apakah Surga hanya untuk Islam' seperti ini sangatlah lumrah sehingga bisa keluar dari siapapun, baik itu yang beragama Islam atau bukan.

Misalnya pertanyaan 'apakah Surga hanya untuk yang bergama Islam' tersebut datang dari seorang jemaah pada sebuah pengajian Gus Baha yang diunggah oleh kanal YouTube NU online.

Terkait pertanyaan 'apakah Surga hanya untuk yang bergama Islam', Gus Baha menjawab dengan menerangkannya secara ringan sehingga mudah dimengerti.

"Begini, ya, jadi untuk hal-hal seperti itu kita iman saja sama yang ditentukan Allah jadi yang masuk surga itu hanyalah islam," terang Gus Baha.

"Kemudian kita gak usah nyoal detil-detilnya, bagaimana orang yang ditakdirkan lahir di keluarga Kristen kemudian diajari Kristen karena hakikat kita ini gak pernah tahu," tambah Gus Baha.

Baca Juga: Minyak Goreng Murah, tetapi Stoknya Antah Berantah Mungkinkah Ada Kartel Minyak Goreng?

Gus Baha kemudian menjelaskan bahwa sesungguhnya kita tidak tahu hakikat dari sebuah keadaan, kenyataan.

"Yang kita ketahui dari kenyataan itu gak ada 1 persennya. Bisa saja orang yang berada di negara islam, keluarga islam, gara-gara miskin, gara-gara terlantar malah sama islam dendam. Ada yang lahir dari Kristen juga gara-gara trauma sama agamanya kemudian menjadi islam. Hanya anaknya orang islam pasti islam itu mainstream, anaknya Kristen pasti Kristen juga mainstream, umumnya saja tapi sebenernya kita gak pernah tahu, nah yang tidak pernah tahu itu diharapkan tunduk sama Allah, tawadhu, pada akhirnya semua itu Waalahu A'lam," terang Gus Baha.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Kanal YouTube NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X