• Selasa, 24 Mei 2022

Kabar Baik untuk Pekerja Migran Indonesia, Malaysia Butuh 10.000 Pekerja Rumah Tangga dari Indonesia

- Rabu, 26 Januari 2022 | 10:23 WIB
Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia M Saravanan bertemu  dengan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah  (Senin, 24/1/2022) (nakeronline/humas kemnaker)
Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia M Saravanan bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah (Senin, 24/1/2022) (nakeronline/humas kemnaker)

KLIKANGGARAN-- Malayasia dan Indonesia telah mendatangani kesepakatan MoU untuk mendatangkan 10.000 pekerja rumah tangga dari Indonesia.

Dibutuhkannya 10.000 pekerja rumah tangga langsung diungkapkan oleh Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia M Saravanan seusai pertemuannya dengan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah.

"MoU tentang Rekrutmen dan Penempatan Pekerja Rumah Tangga akan ditandatangani antara Malaysia dan Indonesia di Bali pada 7 dan 8 Februari 2022," kata Saravan yang tertuang dalam penyataan yang dikirim ke Kuala Lumpur.

Pengumuman Dibutuhkannya 10.000 pekerja rumah tangga dari Indonesia ke Malaysia menjadi perkembangan baru setelah 4 bulan terakhir ini terjadi pemberhentian tenaga kerja Indonesia ke Malaysia, termasuk asisten rumah tangga hingga Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Dua Santriwati di Banyumas Ngaku Diculik dan Diperkosa. Polisi Ungkap Kebohongannya. Alasannya Mengejutkan!

Kebijakan One Maid One House, yaitu sistem satu platform dan gaji minimum untuk pekerja rumah tangga sudah disepakati.

"Kebijakan One Maid One Task akan diganti dengan aturan One Maid One House, di mana seorang PRT akan ditempatkan di sebuah rumah tangga yang tidak lebih dari enam orang di dalamnya," kata Savana.

Dengan kebijakan ini Kedua belah pihak juga telah sepakat untuk menggunakan sistem satu pintu sebagai jalur tunggal untuk menerima pekerja rumah tangga ke dalam negeri Malaysia.

Baca Juga: Apa Kata Ridwan Kamil tentang Pemindahan IKN dan Ucapan Edy Mulyadi tentang Kalimantan Tempat Jin Buang Anak

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X