• Selasa, 24 Mei 2022

Pada Kecelakaan Balikpapan, Mengapa Sopir Tak Membanting Setir Ke kiri, Inilah Analisis Pakar !

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:23 WIB
Detik-detik tabrakan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Instagram/ride_xperience)
Detik-detik tabrakan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Instagram/ride_xperience)

KLIKANGGARAN--Setelah mengetahui kecelakaan Balikpapan, sebuah pertanyaan yang ramai dibicarakan publik seusai melihat kedahsyatan video adalah mengapa supir tidak membanting setir ke kiri?

Seperti yang terlihat pada tayangan video yang beredar, truk tronton yang semula berada di jalur kiri, malah mengapa tidak memilih banting setir ke kiri dan justru malah ke kanan.

Padahal jika dilihat dari video tabrakan balikpapan, jika saja dia membanting setir ke kiri maka dia akan menabrak pepohonan, karena sebelah kiri area relatif kosong.

Apakah supir tronton tak membanting setir ke kiri karena panik?

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, seperti dikutip dari Suara Merdeka.com dalam artikel "Kecelakaan Maut di Balikpapan, Kenapa Sopir Truk Tidak Banting Setir ke Kiri?", tidak semua pengemudi memiliki kompetensi yang benar.

Baca Juga: Heboh! Pilot Cantik Athira Fahira Gabung Girlband D'Angels, Berikut Lirik Lagu Cipika Cipiki Single Pertamanya

Tak hanya harus cepat mengambil keputusan dalam waktu detik, para sopir juga dihadapkan untuk membuat keputusan dengan melibatkan hati nuraninya tanpa harus merugikan keselamatan orang lain.

"Nggak semua pengemudi memiliki kompetensi yang benar. Kompetensi tidak hanya pada saat aman tapi juga bagaimana sikap, tindakan dan keputusan dia benar saat darurat," kata Sony.

Sony menambahkan, ketika sopir dihadapkan dalam kondisi darurat, seharusnya memilih opsi yang bisa meminimalisir risiko.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X