• Selasa, 24 Mei 2022

Seberapa Besar Dampak yang Bisa Ditimbulkan oleh Ledakan Sonik Pesawat Tempur?

- Minggu, 19 Desember 2021 | 06:53 WIB
Ilustrasi (Facebook/142nd Wing)
Ilustrasi (Facebook/142nd Wing)

KLIKANGGARAN--Satuan Air National Guard di Oregon meminta maaf setelah salah satu pesawatnya "secara tidak sengaja" menyebabkan ledakan sonik yang menimbulkan kekhawatiran bahwa negara bagian itu sedang diguncang gempa.

Ledakan sonik itu terjadi pada hari Selasa, hanya seminggu setelah Oregon diguncang oleh rentetan hampir 100 gempa lepas pantai. Sehari kemudian, Sayap ke-142 Garda Nasional Udara Oregon mengaku bertanggung jawab atas ledakan yang mengejutkan itu.

Mengutip RT.com, ledakan sonik itu terjadi sebab sebuah penerbangan pelatihan "secara tidak sengaja menjadi supersonik" saat beroperasi di lepas pantai Oregon, kata unit itu dalam sebuah posting Facebook. “Kami memahami bahwa ini menimbulkan kekhawatiran dari penduduk pesisir kami dan untuk itu kami dengan tulus meminta maaf.”

Baca Juga: Kajian Keislaman: Hukum Lele Pemakan Ayam Tiren

Sersan Steven Conklin mengatakan pilot Air National Guard diizinkan untuk menyebabkan ledakan sonik seperti itu ketika terbang setidaknya 15 mil jauhnya dari pantai, tetapi hidung pesawat harus mengarah jauh dari darat.

Dalam insiden hari Selasa, jet itu terletak lebih dari 15 mil di lepas pantai, tetapi hidungnya "sedikit mengarah ke garis pantai," katanya.

Ledakan sonik dipicu oleh gelombang kejut yang tercipta saat sebuah benda bergerak di udara dengan kecepatan lebih cepat dari kecepatan suara, atau sekitar 760 mil per jam. Ledakan terdengar mirip dengan ledakan dan dapat merusak gendang telinga dan memecahkan kaca jendela.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Sebut KSAD sebagai Jendral Baliho, Kok Bisa?

Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS telah membayar ratusan klaim kerusakan dan cedera yang berasal dari ledakan sonik selama bertahun-tahun.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X