• Jumat, 1 Juli 2022

Hari AIDS Sedunia: Jangan Anggap Enteng, Penyakit Infeksi Menular Seksual atau PIMS Cepat Tertular HIV

- Selasa, 30 November 2021 | 08:03 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular Langsung, Siti Nadia Tarmidzi (InfoPublik.id)
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular Langsung, Siti Nadia Tarmidzi (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN -Kementerian Kesehatan melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular Langsung, Siti Nadia Tamidzi mengingatkan agar jangan menganggap enteng Penyakit infeksi menular seksual (PIMS).

Alasannya PIMS dapat meningkatkan resiko tertular HIV hingga empat kali lipat karena dapat karena terjadi proses peradangan yang terjadi.

Peringatan itu diungkapkan Siti Nadia Tarmidzi saat media briefing secara virtual tentang Peringatan Hari Aids Sedunia, Senin 29 November 2021.

PIMS jangan dianggap enteng. ODHIV dengan PIMS akan lebih cepat terjadi AIDS serta lebih mudah menularkan,” kata Nadia saat Media Briefing: Peringatan Hari Aids Sedunia 2021 pada Senin (29/11/2021) secara virtual.

Baca Juga: Turnamen yang Akan Diikuti PS PALI Usai Gagal Pertahankan Juara di Porprov XIII OKU Raya

Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan, ada sejumlah cara untuk mencegah HIV yaitu; tidak melakukan hubungan seks beresiko; setia pada satu pasangan; dan menggunakan alat pelindung seperti kondom saat melakukan hubungan seksual.

Untuk penularan HIV melalui darah menurut Siti Nadia Tarmidzi bisa dicegah dengan tidak bisa menggunakan jarum suntik bergantian; memeriksa darah yang akan digunakan untuk transfusi darah ke laboratorium agar bebas dari penyakit.

Sementara itu untuk pencegahan HIV dalam proses kehamilan, Siti Nadia Tarmidzi menyarankan calon pengantin baik pria maupun wanita untuk memeriksakan dirinya, apakah menderita HIV atau tidak.

Baca Juga: Ini, Lho, Gejala Terinfeksi Omicron Kata Dokter yang Pertama Menemukannya

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X