• Selasa, 16 Agustus 2022

Mariya Lima Tahun Mengabdi untuk Pengobatan di Suku-Suku Pedalaman, Berbuah Penghargaan

- Jumat, 12 November 2021 | 20:16 WIB
Mariya Cristina Norad, Fasilitator Kesehatan KKI Warsi (Dok.KKIWarsi)
Mariya Cristina Norad, Fasilitator Kesehatan KKI Warsi (Dok.KKIWarsi)

KLIKANGGARAN - Mariya Cristina Norad, Fasilitator Kesehatan KKI Warsi, mendapatkan anugerah Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2021 Kategori Sosial Enterpreneur dan Kemanusiaan dari Badan Pembina Iduologi Pancasila. Penghargaan diberikan secara live streaming di kanal youtube BPIP RI,  Rabu, 10 November 2021 malam.

Mariya adalah lokoter, sebutan Orang Rimba untuk orang yang berkemampuan untuk memberikan pengobatan medis. Sudah lebih 5 tahun Mariya mengabdikan diri untuk menjangkau pengobatan ke suku-suku pedalaman. Tidak hanya Orang Rimba, tetapi juga ke Suku Talang Mamak dan Bathin Sembilan. 

Dalam kerjanya Mariya memberikan pengobatan dasar, dan menjembatani ke fasilitas kesehatan publik,Puskesmas dan rumah sakit. Untuk menjangkau suku pedalaman ini, Mariya berkunjung dan bermalam di hutan  bersama komunitas yang dikunjungi, dengan tempat tinggal seadaannya.

Baca Juga: Ketum KONI PALI Ingin Kabupaten PALI Jadi Lumbung Atlet Berprestasi

Ketika berkunjung ke Orang Rimba tinggal di tenda, di pondok sederhana Talang Mamak dan lainnya. Yang penting bagi Mariya, keluhan kesakitan suku yang dikunjungi bisa ditangani dengan baik. 

Mengingat luasnya sebaran suku-suku pedalaman ini, dan kompleksnya persoalan kesehatan mereka, Mariya menjalin kerja sama dengan instasi kesehatan pemerintah. Seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

Ada kalanya juga Mariya bersama petugas kesehatan berkunjung ke Orang Rimba. Pengobatan massal dan juga melakukan penyuluhan kesehatan.

Baca Juga: Ikut Meneror Seorang Ibu di Wonogiri Solo, Perempuan Pelaku Pinjol Ilegal di Tangkap.

Kesehatan diri dan lingkungan masih menjadi problem suku-suku pedalaman. Misalnya jika dulu suku ini bisa langsung minum air sungai yang tersedia di alam, kini dengan perubahan hutan yang signifikan, sungai mulai tercemar.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Luwu Utara Dorong Pemuda Jadi Petani Milenial

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:42 WIB
X