• Rabu, 17 Agustus 2022

Banjir Bandang Terjang Kota Batu Malang, Jatim Waspada Bencana Hidrometeorologi

- Jumat, 5 November 2021 | 12:34 WIB
Banjir bandang terjang  Kota Batu  Malang Jawa Timur. Banjir terjadi  setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis  4 November 2021 sekitar pukul dua siang. (infoPublik.go.id/BNPB)
Banjir bandang terjang Kota Batu Malang Jawa Timur. Banjir terjadi setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis 4 November 2021 sekitar pukul dua siang. (infoPublik.go.id/BNPB)

KLIKNGGARANBMKG telah menetapkan status “waspada” terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu oleh faktor cuaca bagi wilayah Jawa Timur.

Penetapan status waspada itu dilakukan menyusul terjadinya banjir bandang di Kota Batu Malang pada Kamis 4 November 2021.

Selain itu, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait prakiraan cuaca di Jawa Timur yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Jumat 5 November 2021.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meminta seluruh elemen yang terkait penanggulan bencana, agar meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana yang dipicu oleh faktor cuaca dan adanya fenomena La Nina di Tanah Air.

Baca Juga: Tak Kuasa Baca Ini, Pasti Nangis: Gala, Ini Pesan dari Mami Vanessa Angel dan Papi Bibi!

Pemintaan itu diungkapkan Ganip dalam Rapat Koordinasi BNPB-BPBD Kesiapsiagaan Menghadapi Dampak La Nina 2021-2022 melalui media daring di Jakarta, Kamis 4 November 2021,

Ganip juga menekankan, upaya kesiapsiagaan tersebut harus dilakukan pada level yang lebih kecil hingga kabupaten/kota.

BMKG memperkirakan fenomena La Nina akan berdampak pada kenaikan intensitas hujan dan dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga: Gregoria Mariska Tunjung Kalah, Tidak Ada Wakil Indonesia di nomor Tunggal dalam Hylo Badminton Open 2021.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Luwu Utara Dorong Pemuda Jadi Petani Milenial

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:42 WIB
X