• Selasa, 30 November 2021

Pemberdayaan Ekonomi pada Pertanian Hortikultura, Prudential Syariah Hadir di Desa Tani Dompet Dhuafa

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Dompet Dhuafa bersama Prudential Syariah mencoba berinovasi (Dok.Klikanggaran.com/DompetDhuafa)
Dompet Dhuafa bersama Prudential Syariah mencoba berinovasi (Dok.Klikanggaran.com/DompetDhuafa)

Bandung Barat, Klikanggaran.com – Indonesia sejak dahulu terkenal ke penjuru dunia dengan potensi pertanian yang sangat kaya. Potensi ini perlu diperhatikan secara lebih guna mendorong perekonomian masyarakat terutama pada wilayah agrobisnis.

Bahkan, beberapa wilayah pertanian di Indonesia dikenal dengan lumbung pangan nasional yang mampu berperan penting dalam ketahanan pangan Indonesia.

Namun demikian, di beberapa sisi potensi ini masih memiliki banyak sekali permasalahan terutama dalam pertanian hortikultura. Permasalahan ini membuat besarnya potensi tidak dapat dimaksimalkan untuk mendatangkan keuntungan bagi para petani khususnya di wilayah pedesaan.

Baca Juga: Universitas Jenderal Soedirman Laksanakan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) Minggu Ketiga Oktober 2021.

Oleh karenanya, teknik pertanian yang masih konvensional harus diberikan pembinaan. Tujuannya adalah untuk memberikan kesejahteraan bagi para petani dalam mengelola pertanian.

Aca Sujana, Supervisor Program Dompet Dhuafa, mengatakan, Jawa Barat secara geografis sebenarnya memiliki potensi di pertanian. Bahkan bisa disebut sebagai lumbung pangan nasional. Namun demikian, potensi pertanian ini hanya difokuskan dalam pola pertanian padi.

"Di sisi lain kita mendapatkan permasalahan dipertanian hortikultura, setelah kami melakukan riset mendalam ternya permasalahannya adalah para petani hanya merupakan petani penggarap dari lahan milik orang kota, dan ada masalah pola pertanian yang masih tradisional sehingga masih membutuhkan pembinaan,” tutur Aca Sujana.

Baca Juga: Di Purbalingga Sampah Dimanfaatkan untuk Sumber Pendapatan Asli Desa atau PADes. Bagaimana Caranya ya?

Melihat permasalahan ini, Dompet Dhuafa bersama Prudential Syariah mencoba berinovasi. Salah satunya dengan menghadirkan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dhuafa di Bidang Pertanian Holtikultura.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X