• Kamis, 26 Mei 2022

Di Tegal, Penurunan Covid-19 dan Capaian Vaksinasi, Tingkatkan Optimisme Perekonomian dan IKK

- Kamis, 30 September 2021 | 11:13 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal (K.Wijayanto)
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal (K.Wijayanto)

Tegal, KLIKANGGARAN.COM - Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Kota Tegal meningkat dalam dua bulan terakhir. Berdasarkan survey konsumen yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal pada bulan September, IkK September 2021 sebesar 98,8 meningkat dibandingkan Agustus 2021 yang sebesar 88,2.

"Meski masih berada pada level pesimis (indeks <100), namun keyakinan konsumen membaik. Hal ini didorong oleh persepsi terhadap ekonomi saat ini yang terpantau membaik terutama pada aspek ketersediaan lapangan kerja dibandingkan 6 bulan yang lalu," kata Kepala Perwakilan BI Tegal Taufik Amrozy, melalui rilis Kamis siang, 30 September 2021.

Taufik menjelaskan, ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian 6 bulan ke depan tetap optimis dan semakin menguat dibandingkan bulan sebelumnya, baik dari aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun perkembangan kegiatan usaha.

Baca Juga: Ironi! Usai Dilantik Menjadi Kepsek, Sekolahnya Justru Tidak Ada. Waduh, Kok Bisa Begitu sih?!

"Penurunan kasus covid secara nasional khususnya di wilayah Kota Tegal pada bulan September 2021, menjadi salah satu pemicu optimisme masyarakat dalam mengekspektasikan kondisi perekonomian ke depan," terang Taufik.

Capaian vaksinasi Kota Tegal sebesar 89,73% untuk dosis pertama juga merupakan pendukung optimisme masyarakat dalam ekspektasi kondisi perekonomian ke depan.

Proporsi penggunaan penghasilan masyarakat Kota Tegal pada bulan September 2021 didominasi untuk keperluan konsumsi yaitu sebesar 64,70% sedangkan 18,70% untuk pembayaran cicilan dan tabungan sebesar 16,60%.

Baca Juga: Mahasiswi UNJ Ini Merebut Emas Cabor Sepatu Roda Nomor ITT 500 Meter Putri! Mantap, Keren, Membanggakan!

Selain hal tersebut di atas, berdasarkan Survei Penjualan Eceran yang ditunjukkan oleh Indeks Penjualan Riil pada bulan September 2021 diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 99,33 atau mengalami pertumbuhan bulanan (m-t-m) sebesar 0,11%.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X