• Rabu, 19 Januari 2022

Gubernur Jambi Al Haris Sebut Candi Muaro Jambi Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional

- Minggu, 26 September 2021 | 10:35 WIB
Candi Muaro Jambi (klikanggaran/annuza)
Candi Muaro Jambi (klikanggaran/annuza)

Jambi, Klikanggaran.com - Gubernur Jambi Al Haris, menegaskan bahwa Pemerintah Daerah, yakni Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, dengan dukungan Pemerintah Pusat, telah melakukan berbagai upaya pelestarian budaya di Kawasan Percandian Muaro Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan hal itu pada saat penutupan Festival Candi Muaro Jambi ke-16, Kharisma Event Nusantara 2021, Sabtu (25/9/2021) di Kompleks Percandian Muaro Jambi.

Menurut Gubernur Jambi Al Haris, Candi Muaro Jambi telah ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 259/M/2013 tentang Penetapan Satuan Ruang Geografis Muaro Jambi sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional tertanggal 30 Desember 2013, serta salah satu Kawasan Strategis Nasional KSN yang ditetapkan dalam PP Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas PP Nomor 26 Tahun 2008 tentang RTRWN dari sudut  kepentingan sosial budaya. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Pembakar Mimbar Masjid di Makassar, Motifnya Sakit Hati

"Candi Muaro Jambi ini juga telah masuk dalam daftar tunggu warisan dunia (world heritage) di UNESCO," ungkap Gubernur Jambi.

Gubernur juga menyampaiakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah mendorong percepatan Legalitas Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Candi Muaro Jambi melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Selain itu, Pemerintah mendorong agar Kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi sebagai usulan prioritas Warisan Budaya Dunia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. 

"Beberapa hari yang lalu kita sudah sampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek dan beliau sepakat bahwa akan bahwa Candi Muaro Jambi adalah Candi Dunia, bahwa 500 ratus tahun yang lalu banyak orang yang berlajar di candi ini, itulah akan kita gali sejarahnya, dan akan kita teruskan konsep konsep pembangunan candi dengan gaya kekinian, yang mampu mendatangkan masyarakat dan mendorong kesejahteraan masyarakat disekeliling candi dan keseluruhan khususnya Provinsi Jambi," kata Al Haris.*

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X