• Sabtu, 29 Januari 2022

Riset Terbaru Menunjukkan Ternyata Covid-19 Muncul di AS sebelum Wuhan, Nah, Lho ???

- Kamis, 23 September 2021 | 09:28 WIB
Virus corona (Pixabay/BlenderTimer)
Virus corona (Pixabay/BlenderTimer)

Klikanggaran.com-- Sebuah makalah hasil riset menyebutkan bahwa jauh sebelum terjadi kasus pertama Covid-19 di Wuhan, covid sudah muncul terlebih dahulu di Amerika serikat.

Makalah Covid-19 itu menggunakan sampel yang sebagian besar diambil dari negara bagian AS timur laut - Massachusetts, Vermont, New Hampshire, Connecticut, Rhode Island, New York, New Jersey, Delaware, Pennsylvania, Maryland dan Virginia - dengan Michigan dan Louisiana.

Makalah Covid-19 tersebut ditulis oleh Zhouwang Yang, Yunhe Hu, dan Zhiwei Ding dari University of Science and Technology of China, dan penulis koresponden Tiande Guo dari University of Chinese Academy of Sciences.

Baca Juga: Hujan Deras Akibatkan Tebing Setinggi 10 Meter Longsor dan Menutup Jalan. Akses Jalan Tertutup

Nah, kuartet ilmuwan China tersebut berpendapat bahwa kasus pertama Covid-19 muncul antara April dan November 2019 di timur laut AS, jauh sebelum wabah di Wuhan, China. Pendapat mereka berdasarkan pemodelan matematika.

“Hasil perhitungan menunjukkan bahwa epidemi COVID-19 di Amerika Serikat memiliki kemungkinan tinggi untuk mulai menyebar sekitar September 2019,” sebut makalah setebal 14 halaman yang diterbitkan pada hari Rabu di ChinaXiv, sebuah repositori yang dioperasikan oleh National Science Library of the Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, sebagaimana dilansir RT.com.

Para periset berangkat untuk "menyimpulkan waktu asal pandemi" berdasarkan "metode berbasis data dan model hybrid."

Baca Juga: Sadis! Anwar Dibunuh Tetangga denggan Cangkul. Korban Alami Luka di Kepala, Dagu dan Leher

Mereka memodelkan tingkat tes positif agar sesuai dengan tren aktual dan menggunakan "estimasi kuadrat terkecil untuk mendapatkan parameter model yang optimal," sebelum menerapkan "estimasi kepadatan kernel ... untuk menyimpulkan waktu asal pandemi dengan probabilitas kepercayaan spesifik," menurut kertas.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ups, PM Selandia Batal Nikah karena Omicron

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:18 WIB

Gelombang Tsunami dari Tonga Tiba di California

Minggu, 16 Januari 2022 | 06:52 WIB

Omicron: Belanda Lockdown Mulai Minggu Pagi Ini

Minggu, 19 Desember 2021 | 07:28 WIB
X