• Selasa, 21 September 2021

Kemenkeu Apresiasi Pemkab OKI atas Capaian WTP 10 Kali

- Selasa, 14 September 2021 | 17:03 WIB
WTP untuk Pemkab OKI (Dok.klikanggaran.com/DiskominfoOKI)
WTP untuk Pemkab OKI (Dok.klikanggaran.com/DiskominfoOKI)

OKI, Klikanggaran.com - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas perolehan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Opini WTP tersebut diberikan untuk laporan keuangan selama 10 tahun terakhir secara berturut-turut.

Penghargaan Pemkab OKI ini diberikan oleh Menkeu, Sri Mulyani Indrawati, pada puncak acara rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2020, yang digelar secara daring, Selasa (14/09).

Pemkab OKI berhasil meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 10 tahun terakhir secara beruntun.Baca Juga: Kendalikan Pandemi Covid 19: PPKM Luar Jawa Bali Sampai 20 September, Pintu Masuk Negara Diperketat

Pada kegiatan tersebut, terdapat tiga kategori penghargaan. Pertama bagi kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, kabupaten, kota yang berhasil memperoleh penilaian WTP selama 10 kali berturut-turut.

Kategori kedua, ditujukan untuk perolehan predikat WTP selama lima kali berturut-turut dan ketiga, bagi perolehan WTP pada tahun pelaporan 2019.

"Apresiasi dan penghargaan terus kami berikan, bagi yang konsisten 10 kali berturut-turut dapat dijadikan contoh. Sementara bagi semua yang memperoleh terus pertahankan serta tingkatkan, karena ini merupakan indikator meningkatnya tata kelola keuangan negara yang semakin baik," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Ini Satu Penyebab Lain Pertamina Berpotensi Kehilangan Penerimaan

"Bagi yang belum, kami terus berharap dapat melakukan langkah-langkah efektif dan terukur dalam menindaklanjuti temuan-temuan sebagaimana yang di-review oleh BPK RI sebagai audit eksternal kita," tambahnya.

Menurut Bupati OKI, H. Iskandar, SE, pencapaian ini merupakan motivasi bagi jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola dan reformasi birokrasi.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X