• Minggu, 5 Desember 2021

Perang Telah Berakkhir: Amerika Serikat Kalah Perang, Tarik Pasukannya dari Afganistan

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 06:29 WIB
Evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 23 Agustus. (U.S. Marine Corps/Sgt. Isaiah Campbell)
Evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 23 Agustus. (U.S. Marine Corps/Sgt. Isaiah Campbell)


KLIKANGGARAN--Tiga pesawat angkut militer AS terakhir telah meninggalkan Bandara Hamid Karzai tepat sebelum batas waktu 31 Agustus, secara resmi mengakhiri penarikan Amerika dari Afghanistan, Komando Pusat AS (CENTCOM) telah mengkonfirmasi.

Transportasi C-17 Globemaster terakhir lepas landas dari Kabul pada pukul 15:29 waktu Pantai Timur, Jenderal Kenneth McKenzie, kepala CENTCOM secara resmi mengumumkan pada hari Senin, menyebutnya "penyelesaian penarikan kami dari Afghanistan."

Dengan keberangkatan penerbangan militer AS terakhir, McKenzie mengatakan setiap anggota militer AS kini telah meninggalkan Afghanistan. Namun, dia mengakui bahwa AS tidak berhasil mengevakuasi semua orang yang diinginkannya.

Baca Juga: Benarkah Ma'ruf Amin Sebut Penolak Vaksin Masuk Neraka? Simak!

“Perang sudah berakhir. Pasukan terakhir Amerika baru saja meninggalkan bandara Kabul,” twit Murad Gazdiev dari RT dari Kabul, menambahkan bahwa perang berlangsung “19 tahun, 10 bulan dan 25 hari.”

Laporan telah beredar tentang penerbangan terakhir AS yang berangkat dari Kabul. “Pesawat terakhir adalah roda ke atas. Perang telah berakhir,” editor Newsweek Naveed Jamali mentweet pada hari Senin, mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Beberapa menit sebelumnya, seorang reporter CNN mengatakan tiga pesawat angkut C-17 terakhir telah lepas landas dari Karzai International, dengan mengatakan itu "bisa menjadi akhir dari kehadiran AS" di Afghanistan.

Wartawan Afghanistan Masoom Ghazni memposting apa yang dia sebut "gambar terakhir pendudukan negara kita," menunjukkan pasukan AS bersiap untuk meninggalkan bandara.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Dijatuhkan Sanksi Berat oleh Dewas berupa Pemotongan Gaji, Kenapa Ya?

"Semua pasukan pendudukan asing menarik diri dari negara itu beberapa saat yang lalu," lapor Voice of America, mengutip seorang pejabat Taliban.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X