• Selasa, 27 September 2022

Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Lakukan Kerja Bakti Bersama Masyarakat Tamban Baru Selatan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:24 WIB
Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Lakukan Kerja Bakti Bersama Masyarakat Tamban Baru Selatan (Klikanggaran/istimewa)
Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Lakukan Kerja Bakti Bersama Masyarakat Tamban Baru Selatan (Klikanggaran/istimewa)

KLIKANGGARAN -- Kebersihan lingkungan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh manusia dengan sengaja guna memelihara lingkungan sekitarnya sehingga lingkungan bersih.

Lingkungan yang bersih adalah cikal bakal dari hidup yang sehat dan nyaman. Untuk mewujudkan kebersihan lingkungan ini maka dilaksanakanlah kerja bakti.

Menurut pak Ghazali selaku salah satu tokoh masyakat, kerja bakti ini merupakan program rutin di Desa Tamban Baru Selatan dan biasa dilaksanakan sebulan sekali pada awal bulan.

“Kami memang sering melakukan kerja bakti seperti ini, ya sekiranya sebulan sekali lah dibawah tanggal 10. Selain untuk membersihkan lingkungan, kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat”.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Sosialisasikan Stunting dan Demo Pangan B2SA

Selain Kali ini, kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan pada hari minggu, 07 Agustus 2022 sejak pukul 07.00 WIB di desa Tamban Baru Selatan, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan pembersihan lingkungan ini dimulai dari gapura batas awal desa. Kerja bakti yang dilakukan meliputi pembabatan rumput di sekitar area desa, pemungutan sampah anorganik, pembersihan jalan dan pengecatan gapura batas awal desa.

Sarah Annisa Ananda Putri selaku salah satu mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama desa Tamban Baru Selatan menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya kerja bakti ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan untuk menyambut 17 Agustusan.

“Kebersihan lingkungan itu sangat mempengaruhi kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang bersih menciptakan rasa nyaman dan resiko masyarakat terjangkit penyakit akibat bakteri menurun. Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini, saya harap masyarakat menyadari bahwa tidak ada ruginya membersihkan lingkungan," kata Sarah.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru Amin: Ulama Betawi dan Pejuang Kemerdekaan

Minggu, 25 September 2022 | 16:07 WIB

CPM: TNI Solid, Effendi Simbolon Harus Meminta Maaf

Rabu, 14 September 2022 | 11:16 WIB

Ini 5 Macam Content Writer, Bidang Mana Pilihanmu?

Sabtu, 3 September 2022 | 21:51 WIB

5 Rahasia Sukses Content Writer, Mana Terpenting?

Sabtu, 3 September 2022 | 17:14 WIB
X