• Kamis, 30 Juni 2022

Mengenal Logo Hari Pahlawan 2021, Ada Buku di Logo, Apa Makna Filosofisnya?

- Kamis, 4 November 2021 | 19:59 WIB
Logo Hari Pahlawan 2021 (kemensos.go.id)
Logo Hari Pahlawan 2021 (kemensos.go.id)


KLIKANGGARANKementerian Sosial sebagai penanggung jawab kegiatan Peringatan Hari Pahlawan telah meluncurkan Logo Hari Pahlawan 2021.

Desain logo yang tampil “kekinian” itu terdiri dari lima simbol yaitu bambu runcing, menolong, buku, bendera merah putih dan kepalan tangan.

Tampilan logo terlihat sebuah tangan memegang buku sambil menggegam bambu runcing yang diujungnya disematkan bendera merah putih.

Dalam buku pedoman peringatan Hari Pahlawan 2021 yang bertema Pahlawanku Inspirasiku dan diterbitkan oleh Kementerian Sosial,  makna filosofis dari lima simbol itu adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Pasangan Fajar/Rian Maju ke Perempat Final Hylo Badminton Open 2021, Fikri/Bagas Kalah

Bambu Runcing.
Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.

Menolong
Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan adalah sosok yang senang menolong orang lain.

Buku
Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi saat ini bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan salah satu sumber atau media inspirasi bagi pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Baca Juga: Sebelum Kecelakaan, Vanessa Bikin IG Story, 'Ada Yang Bisa Tebak, Aku Mau Kemana?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemensos.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan SAHI atas Tambahan Kuota Haji 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:55 WIB

Peran Pengantar Kerja Dalam Program SIAPkerja

Minggu, 22 Mei 2022 | 13:04 WIB
X