• Rabu, 29 Juni 2022

Wisata Spiritual Sapta Tirta, Tempat Semedi Pangeran Samber Nyowo

- Kamis, 16 Desember 2021 | 17:33 WIB
Wisata Spiritual Sapta Tirta (Klikanggaran/Nyai_Sampur)
Wisata Spiritual Sapta Tirta (Klikanggaran/Nyai_Sampur)

KLIKANGGARAN--Jelajah Wisata Spiritual bersama Nyai Sampur yuk, Indonesia kaya akan peninggalan bersejarah, kita hidup saat ini, di tanah ini, bermula dari sekumpulan sejarah masa lalu. Salah satu wisata sejarah yang juga menjadi wisata spiritual di Jawa tengah tepatnya di Karanganyar adalah Sapta Tirta Pablengan.

Wisata spiritual Sapta Tirta ini menempati lahan dengan luas 2 hektar, di latar belakangi hutan pinus Argotiloso, terletak di pinggir jalan raya tepatnya di Jl. TP. Joko Songo, Bt. Argotiloso, Pablengan, Matesih, Kabupaten Karanganyar. Arah menuju Astana Mangadeg dan Girilayu.

Biasanya peziarah yang akan ke Astana Mengadek mereka akan membersihkan diri dulu di Sapta Tirta Pablengan.

Konon tempat bersejarah yang saat ini menjadi wisata spiritual Jawa Tengah bagi masyarakat Solo Raya dan sekitarnya adalah petilasan raja raja Mangkunegaran. Sapta Tirta ini juga merupan saksi perjuangan Raden Mas Said atau lebih di kenal dengan nama Pangeran Samber Nyowo.

Baca Juga: Wisata Spiritual Astana Mengadeg, Mengenal Filosofi Pangeran Samber Nyowo

Di sini dulunya juga merupakan benteng pertahanan Pangeran Samber Nyowo pada tahun 1725-1795, saat melawan penjajahan Belanda. Di tempat ini juga ada permandian para putri keraton yang disebut kaputren merupakan peninggalan dari Raden Mas Surono atau Mangkunagoro VI. Memiliki 6 bilik kamar mandi. Di tempat ini juga ada tempat semedi Pangeran Samber Nyowo yang diberi nama Tatalan.

Mengapa tempat ini dikatakan permandian ajaib? Ya, tempat wisata Spiritual di Jawa tengah ini memiliki 7 sumber mata air yang berdekatan, masing masing sumber mata air hanya berjarak kurang lebih 5 meter tetapi masing masing sumber memiliki rasa yang berbeda!

Sapta Tirta biasa digunakan sebagai tempat wisata spiritual di Jawa tengah. Biasanya peziarah menggunakan tempat ini sebagai tempat penyuwunan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sesuai dengan keyakinan masing masing.

Baca Juga: Kalah Pilkada Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam Banting Setir Jadi Advokat?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB
X