• Rabu, 27 Oktober 2021

Dilihat dari Laporan Bank Indonesia, Permintaan Kredit Kendaraan Bermotor Meningkat Bulan Ini

- Sabtu, 18 September 2021 | 18:05 WIB
Hasil survei Bank Indonesia atas permintaan kredit (Dok.klikanggaran.com/KR)
Hasil survei Bank Indonesia atas permintaan kredit (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com – Masa pandemi tidak menutup kemungkinan masyarakat memilih membeli barang dengan cara kredit. Bank Indonesia melaporkan, Hasil Survey Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan mengindikasikan penyaluran kredit baru pada Agustus 2021 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut Bank Indonesia, hal tersebut terutama didorong oleh jenis penggunaan KPR dan kredit konsumsi lainnya. Sementara jenis Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI) diprakirakan melambat.

“Berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada Agustus 2021 diprakirakan terjadi pada bank umum dan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Sementara penyaluran kredit pada Bank Umum Syariah (BUS) melambat.” Demikian dilaporkan Bank Indonesia melalui rilis hari Jumat (17/09/2021).

Baca Juga: Tim Koordinasi SPBE Pemkab Batang Hari Belum Dibentuk, Padahal Ini Penting

Dari hasil survei juga terlihat, untuk keseluruhan triwulan III 2021, penyaluran kredit baru juga diprakirakan tumbuh, meski tidak setinggi pertumbuhan triwulan sebelumnya.

Selain itu, Hasil survei menunjukkan, kebutuhan pembiayaan korporasi pada Agustus 2021 tetap tumbuh, meskipun melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang1 (SBT) sebesar 0,9%, lebih rendah dari 1,8% pada Juli 2021.

Sejumlah sektor seperti sektor Pertambangan, Industri Pengolahan, dan Jasa Kesehatan terindikasi memiliki kebutuhan pembiayaan yang tidak setinggi bulan sebelumnya terutama dipengaruhi oleh menurunnya kegiatan operasional.

Baca Juga: Waduh, Beli Bali? Bali Dijual untuk Bayar Utang Luar Negeri? Apa sih Maksudnya?

Di sisi lain, terdapat sejumlah sektor yang terindikasi memiliki kebutuhan pembiayaan yang meningkat, yaitu sektor Real Estat, Jasa Perusahaan dan Informasi dan Komunikasi terutama untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo dan aktivitas investasi.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membaca: Memaknai Simbol

Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:04 WIB

Sumpah Pemuda Terlupakan, Halloween Dirayakan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:09 WIB

Di Surga Itu Bersama Orang-Orang Tercinta

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:12 WIB

Kopi Turki, Bisa Dipakai untuk Meramal Lho

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:38 WIB

Asyiknya Berkunjung ke Museum, Yuk Coba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:44 WIB

Riddah atau Murtad Adalah Puncaknya Kejahatan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X