• Jumat, 22 Oktober 2021

Misi Bersama Erop dan Jepang BepiColombo Kirimkan Gambar Pemandangan Planet Merkurius. Luar Biasa

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 06:01 WIB
Gambar Permukaan Merkurius yang direkam BenpiColombo (European Space Agency )
Gambar Permukaan Merkurius yang direkam BenpiColombo (European Space Agency )

Klikanggaran.Com – Misi bersama Badan Antariksa Jepang (JAXA) dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang diberi nama BepiColombo yang diluncurkan pada 2018, mengirimkan tangkapan gambar Planet Merkurius pada 1 Oktober 2021.


Seperti dilaporkan Sky News, gambar permukaan Merkurius direkam oleh wahana luar angkasa tersebut dari jarak 200 km dari permukaan Merkurius yang tampak bopeng dan diselimuti kawah.


Merkurius adalah planet terkecil di tata surya kita dan paling dekat dengan matahari. Di Merkurius, matahari akan terlihat tiga kali lebih besar di langit daripada dari Bumi.

"Terbang itu sempurna dari sudut pandang pesawat ruang angkasa, dan sungguh luar biasa akhirnya melihat planet target kami," kata Elsa Montagnon, Manajer Operasi Pesawat Luar Angkasa untuk misi tersebut.

Baca Juga: Aktris India, Deepika Padukone, Memenangi Penghargaan Global Achiever untuk Aktris Terbaik

Kamera pemantau telah menangkap foto hitam-putih planet ini dalam resolusi 1024x1024 serta beberapa elemen struktural pesawat ruang angkasa, termasuk antena dan magnetometernya.
BepiColombo melakukan penerbangan terdekat ke permukaan di sisi malam Merkurius, sehingga gambar yang diambil berasal dari ketinggian sekitar 1.000 km.

"Rasanya luar biasa melihat gambar Merkurius yang hampir hidup ini," kata Valetina Galluzzi, salah satu penyelidik sistem pencitraan SIMBIO-SYS BepiColombo yang akan digunakan sekali di orbit Merkurius.

"Itu benar-benar membuat saya senang bertemu dengan planet yang telah saya pelajari sejak tahun-tahun pertama karir penelitian saya, dan saya ingin sekali mengerjakan gambar Merkurius baru di masa depan," tambahnya.

Baca Juga: Duet Bakso Mercon dan Kuah Taichan, Sekuat Apa sih Kamu Bisa Tahan Pedasnya?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Sky News, esa.int

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X