• Senin, 18 Oktober 2021

Dilema Kerjasama China-Indonesia

- Senin, 1 Februari 2021 | 16:42 WIB
china-indonesia
china-indonesia


"Penting menjaga Laut Cina Selatan sebagai laut yang damai dan stabil, dan untuk mencapai hal tersebut, satu hal yang harus dilakukan oleh semua negara adalah menghormati hukum internasional termasuk UNCLOS 1982."

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi




Klikanggaran - Kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Indonesia (12/1/2021) menegaskan pentingnya hubungan kedua negara. Penanganan pandemi hingga kerja sama pengembangan vaksin Covid-19 telah memperkuat hubungan bilateral China-Indonesia yang sudah berlangsung 70 tahun. Namun, optimisme kerja sama kedua negara tampaknya masih jauh dari terbakar di Laut China Selatan.





Hubungan kedua negara tidak hanya berlangsung secara virtual melalui video conference atau terbatas pada pertemuan di berbagai forum. Lebih lanjut, hubungan bilateral tersebut telah membuahkan hasil yang konkret.





Sebelum kedatangan Menlu China, vaksin Covid-19 dari Sinovac sudah tiba di Indonesia dalam 3 kali pengiriman. Terakhir, ada 15 juta vaksin yang sudah diterima Bio Farma Indonesia. Kehadiran vaksin tersebut akan mengawali implementasi kebijakan vaksin gratis Indonesia.





Bahkan pemerintah Indonesia bergerak cepat mendistribusikan vaksin tersebut ke berbagai daerah. Program vaksinasi nasional dapat terlaksana sesuai rencana dengan Presiden Jokowi sebagai penerima pertama vaksin gratis.


Halaman:

Editor: Rizki Hakiki Valentine

Tags

Terkini

Munir: Kematiannya Meninggalkan Banyak Misteri

Selasa, 7 September 2021 | 17:59 WIB

Petahana Kuasai 55% Perolehan Suara di PSU PALI

Rabu, 21 April 2021 | 16:23 WIB
X