• Minggu, 28 November 2021

Jepang Menangguhkan Vaksin Moderna Covid setelah Satu Juta Dosis Lagi Ditemukan Terkontaminasi

- Senin, 30 Agustus 2021 | 21:04 WIB
Virus corona (Pixabay/BlenderTimer)
Virus corona (Pixabay/BlenderTimer)

KLIKANGGARAN-- Pejabat Jepang telah menangguhkan penggunaan jutaan dosis vaksin Moderna Covid setelah zat asing ditemukan dalam sejumlah batch dan dua orang meninggal setelah menerima tusukan dari lot yang terkena, demikian dilansir RT.com.

Pemerintah Jepang menemukan kontaminasi selama akhir pekan dalam batch vaksin Moderna Covid di prefektur Gunma, dekat Tokyo, memaksa para pejabat untuk sementara menangguhkan penggunaan vaksin.

Keputusan untuk menangguhkan total 2,6 juta dosis vaksin Moderna datang setelah 1,63 juta suntikan dihentikan minggu lalu menyusul penemuan kontaminan di beberapa botol dalam batch yang dikirim ke lebih dari 860 pusat vaksinasi di seluruh negeri.

Baca Juga: Rehabilitasi Drainase Air Satan Diduga Dikerjakan Asal-Asalan

Sementara sumber kontaminasi belum dikonfirmasi, Moderna dan perusahaan farmasi Rovi, yang memproduksi vaksin Moderna, mengatakan bahwa itu mungkin karena kesalahan manufaktur pada salah satu jalur produksi, dan bukan karena hal lain yang mengkhawatirkan.

Kementerian kesehatan negara itu telah mengkonfirmasi bahwa dua orang yang divaksinasi menggunakan dosis dari batch telah meninggal. Namun, penyebab kematian dalam kedua kasus itu sedang diselidiki dan para pejabat mengklaim bahwa belum ada masalah keamanan yang diidentifikasi. Dalam sebuah pernyataan, Moderna dan distributor Jepang Takeda menyatakan bahwa “kami tidak memiliki bukti bahwa kematian ini disebabkan oleh vaksin Moderna COVID-19.”

Baca Juga: KPAI Rekomendasikan 6 syarat terkait pelaksanaan PTM Terbatas, salah satunya 79% warga sekolah sudah divaksin

Gunma sekarang adalah prefektur Jepang ketujuh yang menemukan kontaminan dalam dosis vaksin Moderna, setelah insiden serupa di Aichi, Gifu, Ibaraki, Okinawa, Saitama, dan Tokyo. Itu terjadi ketika Jepang memerangi lonjakan kasus Covid yang telah mendorong hampir setengah dari prefektur negara itu ke dalam keadaan darurat.

Sejak awal pandemi, Jepang telah mencatat 1,38 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 15.797 kematian akibat virus tersebut. Sejauh ini, pejabat Jepang telah memberikan 118.310.106 dosis vaksin Covid.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polandia Mengancam Tutup Perbatasan dengan Belarusia

Senin, 22 November 2021 | 09:21 WIB
X