OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak Sebanyak 2 Juta Barel Per Hari

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:40 WIB
Logo OPEC (dok.)
Logo OPEC (dok.)

KLIKANGGARAN -- Negara-negara anggota OPEC+ dikabarkan akan melakukan pengurungan produksi minyak mentahnya, padahal sebelumnya Washington melobi intens agar jumlah produksi minyak tetap.

OPEC+ telah menyetujui pengurangan produksi minyak dua juta barel per hari, tulis sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs web kelompok tersebut.

Pengurangan, yang merupakan pemotongan terbesar sejak awal 2020 oleh negara yang tergabung dalam OPEC+, akan berlaku pada November, bunyi pengumuman dari kartel itu pada hari Rabu.

Menurut OPEC, langkah tersebut diambil “mengingat ketidakpastian seputar prospek ekonomi dan pasar minyak global, dan kebutuhan untuk meningkatkan panduan jangka panjang untuk pasar minyak, dan sejalan dengan pendekatan proaktif yang berhasil, dan preemptive, yang telah secara konsisten diadopsi” oleh kelompok.

Baca Juga: Kronologi dan Alasan Brisia Jodie 'Dibully' dan Trending di Twitter

Pemotongan itu jauh lebih keras daripada yang diantisipasi kebanyakan ahli awal pekan ini, dan sekarang diperkirakan akan membendung penurunan terbaru harga minyak mentah global.

Para menteri energi dari kelompok OPEC+ yang dipimpin oleh Arab Saudi dan non-anggota sekutunya, termasuk Rusia, telah mengadakan pertemuan di markas kartel Wina pada hari Rabu untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi pada awal 2020.

Keputusan pengurangan produksi datang meskipun ada lobi intens oleh Gedung Putih untuk menjaga produksi minyak pada tingkat saat ini atau lebih tinggi - sesuatu yang Presiden AS Joe Biden harapkan untuk diamankan selama kunjungannya ke Arab Saudi pada bulan Juli.

Baca Juga: Siapa Saka Sebenarnya? Inilah Kronologi dan Alasannya Kenapa Trending di Twitter

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X