• Senin, 5 Desember 2022

Mahkamah Agung (MA) Pantau Aparat Pengadilan melalui Mystery Shopper

- Senin, 19 September 2022 | 12:44 WIB
Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H.. (Instagram/ humasmahkamahagung)
Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H.. (Instagram/ humasmahkamahagung)

KLIKANGGARAN -- Mystery shopper disebar pada beberapa pengadilan untuk memantau penyimpangan yang dilakukan apartur pengadilan, demikian disampaikan Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H..

Pernyataan tentang mystery shopper oleh Ketua MA itu disampaikan pada Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial secara virtual, Kamis (21/10/2021) di Manado, Sulawesi Utara dalam keterangan tertulis pada mahkamahagung.go.id.

Mystery shopper adalah tim yang dibentuk MA bekerja sama dengan KPK akibat maraknya operasi tangkap tangan (OTT) aparat pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung mengistruksikan jajarannya para Ketua Pengadilan di seluruh Indonesia untuk mengingatkan aparaturnya agar tidak melakukan penyimpangan.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Kehebohan yang Dibuat oleh Afi Nihaya, Alana dan Natalie

"Badan Pengawasan MA (BAWAS MA) bersama-sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) selalu memantau setiap perilaku penyimpangan para aparatur melalui mystery shopper yang disebar pada beberapa pengadilan di seluruh Indonesia,” ungkap Syarifuddin.

Keberadaan mystery shopper ini adalah upaya pengawasan yang dikerjakan Badan Pengawasan (BAWAS) MA. Mereka adalah mata mata yang dikirim oleh MA untuk dilatih KPK. Mystery shopper tersebut bisa menyamar sebagai pemulung, pura pura berjualan atau berpakaian office boy (OB).

Pada kesempatan yang sama, Prof. Syarifuddin juga menegaskan agar para Hakim dan Aparatur Peradilan senantiasa bersikap bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Nikita Mirzani Sebut Suami Jurnalis Lebih Ganteng dari Selingkuhannya, Apakah Ini Masih Tentang Najwa Shihab?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: mahkamahagung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X