Taiwan Ajak Wartawan Menyaksikan Pesawat Tempur Tercanggih yang Dimilikinya, SIap-siap Perangkah?

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:02 WIB
Awak darat Taiwan diperlihatkan sedang memeriksa F-16V awal bulan ini di pangkalan Angkatan Udara Hualien. ( Annabelle Chih via RT.com)
Awak darat Taiwan diperlihatkan sedang memeriksa F-16V awal bulan ini di pangkalan Angkatan Udara Hualien. ( Annabelle Chih via RT.com)



KLIKANGGARAN -- Baru-baru ini aktivitas militer China di Selat Taiwan kian meningkat. China mengadakan serangkaian latihan militer di dekat negara yang diklaim sebagai provinsinya itu.

Taiwan pun tidak tinggal diam. Negara itu merespons dengan menampilkan jet tempur terbarunya kepada wartawan.

Militer Taiwan membawa wartawan ke pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan pada hari Rabu.

Kepada para wartawan, diperlihatkan demonstrasi malam hari yang langka dari jet paling canggih di negara itu, yaitu F-16V.

Baca Juga: Presiden Palestina Menyebut Holocaust di Hadapan Kanselir Jerman, Bagaimana Reaksi Orang Yahudi?

Pesawat tempur F-16V lepas landas pada penerbangan pengintaian dan pelatihan, dan kru darat menunjukkan bagaimana mereka dengan cepat memuat senjata, termasuk rudal anti-kapal Harpoon buatan AS, ke pesawat tempur, lansir Russia Today mengutip Reuters dan outlet lainnya.

Tampilan kekuatan pertempuran muncul di tengah meningkatnya ketegangan dengan China, yang memutuskan hubungan militer dan iklim dengan Washington setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan kunjungan kontroversial ke Taiwan awal bulan ini.

Beijing juga telah meningkatkan latihan militer di Selat Taiwan dan mengatakan akan bersatu kembali dengan Taiwan, yang dianggapnya sebagai provinsi yang memisahkan diri, dengan paksa jika perlu.

Baca Juga: Kemerdekaan Indonesia Pun Diperingati Anak-Anak Pemulung di Bantar Gebang

“Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis China baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep ‘medan perang di mana-mana dan berlatih kapan saja’… untuk memastikan keamanan nasional,” kata Angkatan Udara Taiwan dalam sebuah pernyataan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X