• Senin, 8 Agustus 2022

Pejabat China Cuek Atas Telepon Pejabat Militer AS, Malahan Kian Seru Gelar Latihan Militer

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:13 WIB
Pentagon (Pixabay/12019 )
Pentagon (Pixabay/12019 )

KLIKANGGARAN -- Mengutip Politico, Russia Today melansir, pejabat tinggi militer China menolak untuk membalas panggilan telepon dari pejabat tinggi militer Pentagon.

Dengan menyebut menurut “tiga orang yang mengetahui upaya tersebut”, dilaporkan bahwa China diduga menolak telepon dari Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley dalam beberapa hari terakhir.

Kontak terakhir Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley yang dikonfirmasi dengan Kepala Staf Gabungan China, Jenderal Li Zuocheng, terjadi pada 7 Juli, sementara Lloyd Austin bertemu dengan Menteri Pertahanan China, Jenderal Wei Fenghe, secara langsung pada Juni.

Baca Juga: Ahok Kembali Diperbincangkan dan Trending di Twitter, Kenapa? Inilah Alasannya!

Serunya lagi pada hari Jumat, Beijing mengambil kebijakan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Washington di sejumlah wilayah militer dan sipil.

Kementerian Luar Negeri China merilis daftar masalah di mana tidak akan ada lagi komunikasi antara pejabat China dan Amerika, termasuk kontak militer di tingkat komandan teater dan pembicaraan koordinasi kebijakan pertahanan yang lebih luas.

China juga menangguhkan konsultasi keamanan maritim, kerja sama pemulangan migran ilegal, bantuan hukum dalam masalah kriminal, memerangi kejahatan transnasional dan perdagangan narkoba, serta pembicaraan tentang perubahan iklim, katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Minggir! Cucu Presiden Jokowi Jan Ethes Dikawal Ketat Paspampres di Solo

Meskipun tidak mengomentari pemutusan komunikasi militer tingkat atas yang dilaporkan, Gedung Putih mengatakan langkah China baru-baru ini meningkatkan "risiko salah perhitungan dan salah persepsi," bahkan ketika juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby bersikeras "tidak sepenuhnya menghilangkan peluang bagi pejabat senior militer kita untuk berbicara.”

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X