• Rabu, 5 Oktober 2022

Terobosan Baru! Dinas Kesehatan Luwu Utara Bentuk 8 Pelayanan Dukungan Pengobatan HIV/AIDS, Berikut Lokasinya

- Senin, 13 Juni 2022 | 07:51 WIB
Kadis Kesehatan, Marhani Katma, Saat Mengikuti Pertemuan SIHA 2.0 Dalam Rangka Menunjang Kualitas Pelaporan Informasi HIV/AIDS (Dok. LHR)
Kadis Kesehatan, Marhani Katma, Saat Mengikuti Pertemuan SIHA 2.0 Dalam Rangka Menunjang Kualitas Pelaporan Informasi HIV/AIDS (Dok. LHR)

KLIKANGGARAN -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) membentuk delapan Pelayanan Dukungan Pengobatan (PDP). Pembentukan delapan PDP ini dalam rangka untuk mengendalikan HIV/AIDS. Pembentukan PDP ini adalah terobosan teraru Dinkes Luwu Utara.

“Kita membentuk delapan PDP ini untuk mencapai 3 Zero, yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS serta tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030,” kata Kadis Kesehatan, Marhani Katma, dalam Pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA), 11 Juni 2022 di Masamba.

Marhani Katma menyebutkan, tujuan dari PDP ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar semua Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mendapatkan pelayanan standar dan akses yang lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Sulsel Craft Show 2022, Dekranasda Luwu Utara Terima 2 Penghargaan

“Kita berharap delapan PDP yang kita bentuk ini nantinya bisa berkontribusi dalam mencapai target eliminasi HIV pada 2030 mendatang, yaitu 3 zero tadi,” jelas mantan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba ini.

Untuk mendukung peningkatan kualitas pelaporan informasi HIV/AIDS, delapan PDP ini mengikuti pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA) sebagai upaya penguatan keberadaan 8 PDP ini.

“Semua layanan puskesmas yang telah dibentuk PDP ini wajib mengikuti pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA) untuk meningkatkan kualitas pelaporan, sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk intervensi penyakit HIV/AIDS,” tandasnya.

Baca Juga: 33 Orang Indonesia Terpilih Menjadi Imam Masjid di UEA, Inilah Daftarnya !!

Berikut delapan Pelayanan Dukungan Pengobatan (PDP) yang telah dibentuk:
1. Puskesmas Sukamaju
2. Puskesmas Malangke
3. Puskesmas Tanalili
4. Puskesmas Bonebone
5. Puskesmas Sabbang
6 Puskesmas Sabbang Selatan
7. Puskesmas Lara
8. RSUD Andi Djemma Masamba

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X