• Selasa, 24 Mei 2022

Bensa atau Bensin Sawit Mulai Diuji Coba, Segera Diproduksi, Apa Keunggulan Bensa Dibandingkan Bensin Biasa

- Rabu, 26 Januari 2022 | 16:35 WIB
Menteri ESDM mengunjungi Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (25/01/2022) (esdm.go.id)
Menteri ESDM mengunjungi Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (25/01/2022) (esdm.go.id)

 

KLIKAN

KLIKANGGARAN – Bensin sawit atau disingkat bensa sebentar lagi akan bisa digunakan pada kendaraan, sebagai pengganti bensin biasa ataupun pertalite.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Istitut Teknologi Bandung (ITB) telah melakukan uji coba varian baru bensin berbahan minyak sawit pada Selasa (25/1/2022).

Menteri ESDM Arifin Tasrif saat mengunjungi Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (25/01/2022) menjelaskan, Research Octane Number (RON) yang dihasilkan dsari bensin sawit adalah 115 atau berkualitas tinggi.

“Dari skala pilot plant-nya yang ada sekarang ini 1000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar Bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi," jelas Menteri ESDM.

Baca Juga: Habib Kribo Tanggapi Edy Mulyadi yang Diduga Hina Kalimantan, Apa Katanya?

Arifin Tasrif menambahkan, uji coba bensin sawit atau bensa ini merupakan kelanjutan dari kisah sukses pencampuran dengan solar dan avtur.

Bensa berkualitas tinggi ini akan menjadi parameter untuk penyusunan feasibility study (FS) dan detail engineering design (DED).

Untuk produksi Bensa yang direncanakan berkapasitas 238,5 kilo liter (kl) per hari, akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X