• Minggu, 22 Mei 2022

Tabrakan Beruntun di Balikpapan, Inilah Hasil Penyelidikan KNKT !

- Senin, 24 Januari 2022 | 08:58 WIB
Detik-detik tabrakan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Instagram/ride_xperience)
Detik-detik tabrakan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Instagram/ride_xperience)

KLIKANGGARAN – Komisi Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT menemukan, truk tronton bernomor polisi KT 8543 AJ, penyebab tabrakan beruntun di Balikpapan Kalimantan Timur, rangka atau sasis truk tersebut mengalami perubahan.

Bentuk perubahan rangka atau sasisnya adalah memperpanjang sasis 20 centimeter dari ukuran standar. Selain itu axel atau sumbu roda juga ditambah satu sehingga menjadi 3 sumbu.

Keterangan terjadinya perubahan pada rangka dan sumbu roda truk tronton penyebab tebrakan beruntun di Balikpapan yang menyebabkan empat orang tewas itu diungkapkan Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubda Kemenhub) pada Minggu (23/1/2022) seperti dilaporkan antaranews.com

“Axel atau sumbu rodanya juga ditambah satu, sehingga menjadi 3 sumbu roda,”ujar Budi Setiyadi.

Baca Juga: Isu Dirinya Muslim Bikin Tak Nyaman Rekannya , Menteri Inggris pun Dipecat.

Truk tronton yang menyebabkan tabrakan beruntun di Balikpapan tersebut dari hasil penyelidikan KNKT, menggunakan sistem rem Air Over Hydraulic (AOH) atau sistem rem dengan penggunaan angin dan minyak rem sekaligus.

KNKT seperti diungkapkan Budi Setiyadi, belum dipastikan apakah penambahan panjang dan sumbu roda ini mempengaruhi sistem pengereman.

Namun demikian, adalah lumrah pada kendaraan besar, terjadi brake lag, atau rem memerlukan waktu lebih lama dari seharusnya untuk bisa siap kembali dipakai setelah pengereman sebelumnya.

Baca Juga: Benarkah Nikah Sampe 24 Kali, Bikin Vicky Prasetyo Di-blacklist KUA?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X