• Rabu, 1 Desember 2021

Kado Pahit HUT Partai Golkar, Kadernya Kembali di OTT KPK, Kini Giliran Bupati Kuansing

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:06 WIB
Andi Putra, Bupati Kuansing yang juga kader Golkar saat Musda (suarariau.co)
Andi Putra, Bupati Kuansing yang juga kader Golkar saat Musda (suarariau.co)

 

KLIKANGGARAN--Hari ini (20 Oktober) adalah Hut Partai Golkar yang ke-57. Namun, di hari bahagianya, partai berlambang pohon beringin itu serasa mendapat kado pahit bertubi-tubi jelang peringatan hari lahirnya.

Pasalnya, sejumlah kadernya mulai dari pusat dan daerah terjerambah dalam pusaran dugaan korupsi. Beberapa kader Partai Golkar yang baru saja terjerat kasus hukum dan ditetapkan sebagai tersangka, yakni H Alex Noerdin (Anggota DPR RI), Aziz Syamsudin (Wakil Ketua DPR), Dodi Reza Alex Noerdin (Ketua DPD Golkar Sumsel), hingga yang terbaru Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra.

Andi Putra adalah mantan Ketua DPRD Kuansing periode 2014-2019, 2019-2024 asal Partai Golkar. Ia diketahui juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kuansing. Andi Putra ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Selasa (19/10/21).

Baca Juga: Kapolri: Jangan Antikritik, Apabila Ada Kritik Jadikan untuk Introspeksi

Kader Partai Golkar itu ditetapkan tersangka atas kasus dugaan suap terkait perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

“KPK kemudian melakukan penyelidikan sehingga ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup. Selanjutnya KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan dua tersangka, AP (Andi Putra) Bupati Kuantan Singingi untuk periode 2021-2026,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Dalam kasus itu, KPK juga menetapkan satu tersangka lain, yaitu pihak swasta atau General Manager PT Adimulia Agrolestari bernama Sudarso.

Baca Juga: Deputi BNPB, Prasinta Dewi, Dipanggil KPK terkait Korupsi di Kolaka Timur

Penetapan Andi Putra sebagai tersangka oleh KPK hanya berselang tiga hari, pasca KPK mengumumkan Dodi Reza Alex Noerdin, Bupati Musi Banyuasin, Sumsel sebagai tersangka.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X