• Minggu, 28 November 2021

Kasihan, Dua Nenek Jompo Tanpa Saudara di Kabupaten Tegal Hidup Di Rumah Tua. Hidup dari Bantuan

- Jumat, 24 September 2021 | 19:32 WIB
Kepala Desa Kalisoka, Kabupaten Tegal, Ahmad Dumeri saat berkunjung ke rumah nenek Ridah, Jumat, 24 September 2021 (K.Wijayanto)
Kepala Desa Kalisoka, Kabupaten Tegal, Ahmad Dumeri saat berkunjung ke rumah nenek Ridah, Jumat, 24 September 2021 (K.Wijayanto)

Tegal, Klikanggaran.Com - Dua nenek jompo hidup serumah di RT 04 RW 05 Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

Kedua nenek itu, Tamah (94) dan Ridah (90), sehari-harinya melakukan aktifitas secara mandiri karena tak lagi memiliki sanak saudara. Kondisi tempat tinggalnya pun banyak yang rusak karena merupakan bangunan tua.

Mirisnya lagi, dua nenek yang masih saudara kandung itu sekarang tidak bisa mencari nafkah. Nenek Tamah dan Ridah sudah tidak mampu untuk berjalan jauh.

Baca Juga: Pegiat antikorupsi Sumsel : Anggota DPRD yang Setujui Dana Hibah Masjid Sriwijaya harus juga Ditersangkakan

Untuk mencukupi kebutuhan hidup, nenek Tamah dan Ridah kerap bergantung bantuan para tetangga serta Pemerintah Desa Kalisoka, Kabupaten Tegal.

Kepala Desa Kalisoka, Ahmad Dumeri mengatakan, nenek Tamah dan Ridah sejak lama telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Desa Kalisoka, berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan Jaminan Hidup (Jadup) dari pemerintah pusat.

“Tiap ada bantuan, dua nenek itu selalu diprioritaskan. Warga sekitar juga sangat peduli dengan mereka,” kata Ahmad Dumeri, Jumat, 24 September 2021.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bilang, dulu Kantor Paling Gelap itu ATR/BPN. Semua Urusan Tidak Kelihatan, Tidak Transparan

Dia mengungkapkan, sejak BLT DD dikucurkan pada awal pandemi Covid-19 tahun 2020, nenek Tamah rutin mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X