• Minggu, 5 Desember 2021

Suarakan Kesetaraan Akses Vaksin, Presiden RI: Politisasi Vaksin Harus Diakhiri

- Jumat, 24 September 2021 | 19:17 WIB
Kesetaraan akses vaksin bagi semua negara di dunia (Dok.klikanggaran.com/KR)
Kesetaraan akses vaksin bagi semua negara di dunia (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com - Presiden RI, Joko Widodo, menekankan bahwa politisasi dan nasionalisme vaksin harus diakhiri. Solidaritas dan kerja sama, menurut Presiden, merupakan kunci untuk dunia keluar dari pandemi, pulih bersama. Demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, Jumat, 24 September 2021.

Hal tersebut disampaikan Menlu, mengutip pernyataan Presiden RI saat berbicara di pertemuan Global Covid 19 Summit pada hari Rabu, 22 September 2021. Dalam pertemuan ini, Presiden membahas tentang ketimpangan akses terhadap vaksin.

Pertemuan tingkat tinggi dunia terkait penanganan pandemi COVID-19 tersebut digagas oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Pertemuan ini bertujuan untuk menggalang dukungan dan melakukan rencana aksi yang nyata guna mewujudkan ketersediaan tambahan tujuh miliar dosis vaksin pada akhir tahun ini dan tujuh miliar dosis berikutnya pada pertengahan tahun 2022.

Baca Juga: Pegiat antikorupsi Sumsel : Anggota DPRD yang Setujui Dana Hibah Masjid Sriwijaya harus juga Ditersangkakan

“Presiden RI di dalam Global Summit to End COVID-19 Pandemic mengatakan, ketimpangan vaksin antarnegara harus diatasi melalui COVAX Facility, kerja sama dose-sharing, dan akses yang merata terhadap vaksin harus ditingkatkan,” tutur Menlu.

Indonesia terus mendorong kesetaraan akses bagi semua negara di dunia. Ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mengatasi pandemi secara global.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Presiden RI di depan Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (23/09/2021) pagi WIB.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Memang Berupaya Kurangi Laju Banjir, tapi Begini Kondisinya

“Presiden mengatakan, pemulihan ekonomi hanya dapat dilakukan jika kita dapat mengatasi pandemi secara bersama, dan pandemi hanya dapat diatasi jika kita dapat mempersempit ketimpangan akses terhadap vaksin,” ujar Menlu.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X