• Minggu, 5 Desember 2021

Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev, Meminta SCO untuk Berdialog dengan Pemerintah Baru Afganistan

- Senin, 20 September 2021 | 11:19 WIB
Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev [tengah] selama Pertemuan SCO  (Layanan Pers Kepresidenan/Gazeta)
Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev [tengah] selama Pertemuan SCO (Layanan Pers Kepresidenan/Gazeta)

Jakarta, Klikanggaran.com – Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev, berbicara pada 17 September dalam pertemuan Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja sama Shanghai (SCO) di Ibu Kota Tajikistan, Dushanbe, mengajukan beberapa proposal untuk kerja sama dengan Afganistan.

Secara khusus, kepala negara menyarankan agar negara-negara anggota SCO mengembangkan dialog dengan otoritas baru Afganistan dan mencegah pertumbuhan ekstremisme.

“Hari ini sebuah realitas baru telah terbentuk di negara ini [Afganistan]. Kekuatan baru mulai berkuasa. Ini adalah fait accompli. Dalam hal ini, perlu untuk mengembangkan pendekatan yang disepakati mengenai situasi di Afghanistan, serta pengembangan dialog dengan otoritas baru negara itu,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Presiden Shavkat Mirziyoyev mencatat bahwa penting untuk mencapai representasi politik yang luas dari semua lapisan masyarakat Afganistan dalam administrasi publik.

Baca Juga: PM Malaysia: AUKUS Akan Menjadi Katalis untuk Perlombaan Senjata Nuklir

“[Penting juga] untuk mencegah kemungkinan pertumbuhan ekstremisme dan ekspor ideologi radikal, penggunaan Afganistan untuk tindakan subversif terhadap negara-negara tetangga. [Penting] untuk memastikan kepatuhan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan mendasar, termasuk hak perempuan dan minoritas nasional,” tambah Shavkat Mirziyoyev.

Selain itu, kepala negara mengusulkan untuk mencairkan aset Afganistan di bank asing. Presiden Mirziyoyev percaya bahwa tindakan ini akan mencegah krisis kemanusiaan skala besar dan peningkatan arus pengungsi, dan terus membantu negara ini dalam memecahkan masalah sosial.

Pemimpin Uzbekistan juga mengusulkan untuk menyelenggarakan pertemuan dalam format SCO-Afghanistan di Tashkent pada 2022.

“Untuk mengonsolidasikan upaya kami dan secara luas membahas masalah penyelesaian politik di negara ini, kami mengusulkan untuk secara teratur mengadakan pertemuan tingkat tinggi dalam format SCO-Afganistan dengan melibatkan negara pengamat dan mitra dialog. Kami siap untuk menyelenggarakan pertemuan pertama seperti itu di Tashkent,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X