Kedutaan Uzbekistan Rayakan Hari Kemerdekaan ke-30 Secara Virtual

- Rabu, 1 September 2021 | 13:51 WIB
Ilustrasi: Taman “Yangi O'zbekiston” (Uzbekistan Baru) dan Monumen Kemerdekaan di Tashkent ( president.uz)
Ilustrasi: Taman “Yangi O'zbekiston” (Uzbekistan Baru) dan Monumen Kemerdekaan di Tashkent ( president.uz)

Jakarta, Klikanggaran.com - Hari Kemerdekaan Republik Uzbekistan diperingati pada tanggal 1 September setiap tahunnya.

Tahun ini, Uzbekistan merayakan HUT ke-30 pasca keruntuhan Uni Soviet pada tahun 1991, dan munculnya Republik Uzbekistan sebagai negara merdeka di peta dunia.

Hari Kemerdekaan Uzbekistan yang dikenal sebagai Mustaqilligi Kuni dalam Bahasa Uzbek, umumnya dirayakan dengan kembang api, parade militer, upacara peletakan karangan bunga, dan kegiatan hiburan seperti musik dan tarian tradisional.

Namun, disebabkan pandemi masih merebak, banyak kegiatan perayaan yang dibatasi.

Di Ibu Kota Indonesia, dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Uzbekistan ke-30, Kedutaan Besar Republik Uzbekistan di Jakarta menggelar acara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kedutaan Uzbekistan.

Baca Juga: Dua Gelas Kisah Bagian Sepuluh

Perayaan virtual tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Uzbekistan dan lagu Kebangsaan Indonesia, dilanjutkan dengan berbagai sambutan dan pesan positif dari mitra-mitra baik Uzbekistan, dan diakhiri dengan presentasi tentang Uzbekistan dan pertunjukan kebudayaan Uzbekistan.

Sambutan pertama dibuka oleh Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Ulugbek Rozukulov. Dijelaskan bahwa sejak awal kemerdekaan Uzbekistan, Indonesia merupakan salah satu mitra penting di wilayah Asia Tenggara.

“Kedua negara telah menyelenggarakan berbagai inisiatif bersama serta dukungan yang saling menguntungkan pada tingkat bilateral maupun multilateral,” tegas Dubes yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

K.H. M. Djamaluddin Ahmad Wafat

Kamis, 24 Februari 2022 | 16:20 WIB
X