• Kamis, 9 Desember 2021

Dokter : Bahaya, Kegemaran Balita Konsumsi Tanah Harus Distop

- Senin, 13 September 2021 | 22:18 WIB
Nando, balita pemakan tanah digendong ibunya menuju mobil Ambulan yang akan membawanya ke RS Kardinah Tegal, Senin siang (13/9/21) (K.Wiajayanto)
Nando, balita pemakan tanah digendong ibunya menuju mobil Ambulan yang akan membawanya ke RS Kardinah Tegal, Senin siang (13/9/21) (K.Wiajayanto)


Tegal, Klikanggaran.Com --Kebiasaan seorang anak balita di Tegal,  Vero Fernando alias Nando makan tanah pasir mendapat perhatian dari dokter.

Dokter menyarankan agar kebiasaan  anak pasangan suami istri Carmo dan Umrotun, warga Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, mengkonsumsi tanah harus segera dihentikan.

Pasalnya, kebiasaan itu akan berdampak buruk pada kesehatan si balita.

Kepala Puskesmas Debong Lor, Kota Tegal, dr. Fikri El Mujahid, saat dimintai tanggapannya terkait kebiasaan Nando, mengatakan, si balita akan kekurangan asupan nutrisi dan Gizi serta bisa mengakibatkan infeksi organ dalam tubuhnya, karena mengkonsumsi tanah yang kotor.

"Dalam jangka lama, kebiasaan itu juga akan mengakibatkan animea akut serta mengganggu tumbuh kembang si anak.  Biasanya tidak senormal anak-anak yang mendapatkan asupan gizi cukup," kata Fikrie.

Fikrie menambahkan, mulai sekarang si balita harus segera dibiasakan makanan-makanan normal, agar terlepas dari kebiasaan buruknya yang dapat mengganggu kesehatannya.

"Insya Allah kalau itu dilakukan, secara perlahan kebiasaannya mengkonsumsi tanah akan hilang," tandas Fikrie.

Baca Juga: Sejumlah Artis China Bakal Dihilangkan dari Internet. Dampak Kebijakan Xi Jinping yang Kontroversial

Meski memiliki kegemaran memakan tanah pasir, namun hasil pemeriksaan sementara kesehatan Vero Fernando alias Nando (3) dinyatakan baik. Hal itu setelah dokter melakukan pemeriksaan organ dalam tubuh menggunakan Stetoskop terhadap Nando di rumah orang tuanya di RT 03 RW 01, Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Senin siang (13/9/21).

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X